Wednesday 25 February 2015

Cara Instal Windows 7

Cara Instal Windows 7 - Hai gaes kali ini saya akan membagi tutorial dasar namun masih banyak banyak yang mencari. Instal windows 7 dapat melalui beberapa media pertama instal windows 7 dengan flashdisk, kedua tanpa flashdisk, yaitu dengan menggunakan DVD kaset dan masih banyak media yang lain. untuk cara instal dengan flashdisk berarti folder installer windows 7 harus ditaruh di flashdisk dan flashdisk dibuat bootable. bagaimana caranya ? cari di google banyak banget, ada yang menggunakan software dan ada yang tidak. tapi jika anda sudah mempunyai kaset windows 7 maka itu akan jauh lebih mudah.

Windows 7 mempunyai dua versi jika dilihat dari bitnya yaitu 32 bit dan 64 bit, sebelum menginstal anda harus menentukan dahulu apakah komputer anda support 64 bit atau hanya 32 bit saja. anda dapat membaca  cara mengetahui bit laptop dengan secureAble untuk mengetahui arsitektur laptop anda. saran saya jika memang laptop anda support 64 bit, coba instal saja windows 7 64 bit karena peforma dari 64 bit lebih baik dari pada 32 bit.

jika sudah menentukan pilihan windows 7 nya maka selanjutnya anda harus menentukan media penginstalannya.  tutorial kali ini saya menggunakan kaset sebagai media instalasi. sebelumnya jika anda belum punya windows 7 anda dapat download di situs resmi microsoft atau disitus dreamspark universitas  brawijaya. apa itu dreamspark ? anda dapat baca disini website resmi dreamspark

dalam tutorial ini saya tidak instal ulang melainkan instal pertama kali dalam harddisk. jika sebelumnya anda sudah ada windows xp /7/8/8.1 maka anda harus pastikan data anda aman dengan cara pindahkan ke partisi selain partisi C. biasanya windows akan terinstal di partisi tersebut. dan juga jika memang tidak mau susah-susah mendownload dan menginstal driver lagi maka saran saya backup dahulu driver anda. oke jika semua sudah anda lakukan maka langsung saja ini dia langkah-langkah instal windows 7 :


  1. masukkan kaset anda dan setting booting proirity bios anda ke DVD. jika anda menggunakan flashdisk maka first boot ganti di flashdisk.
  2. selanjutnya muncul awal penginstalan. klik next

    language to instal : bahasa yang digunakan selama menginstal windows 7 (pilih english saja)
    Time and currency format : pengaturan zona waktu di windows  (pilih indonesia)/
    Keyboard and input method : tipe dari keyboard, biarkan defaultnya saja
  3. tekan saja INSTALL NOW

  4. perjanjian persetujuan, beri tanda centang pada tulisan i accept the licence terms. jika anda punya waktu banyak sempatkanlah membaca isi dari licence terms. lalu Next saja.
  5. tipe penginstalan, disitu terdapat dua opsi upgrade dan custom. upgrade digunakan jika sebelumnya dalam komputer anda sudah terinstal windows xp. dan custom adalah jika sebelumnya di laptop anda terinstal windows selain xp atau juga jika anda baru pertama kali instal seperti saya maka pilih custom.
  6. lalu masuk ke proses partisi harddisk, partisi harddsik maksudnya adalah membagi harddisk menjadi bagian-bagian. dalam proses kali ini memang dibutuhkan pengetahuan yang lebih. karena jika anda salah dalam langkah ini maka bisa terjadi data anda akan hilang.
    dapat dilihat digambar bahwa kapasitas harddisk saya adalah 80GB. saya akan mencoba membagi 2 partisi, satu partisi untuk windows dan satu lagi partisi untuk data. caranya pilih Disknya dahulu kemudian pilih New dan isi pada kolom size sebesar 40000 (1GB = 1024MB). jika sudah klik apply. disini anda sudah membuat satu buah partisi.

    lalu sekarang buat partisi untuk data, pilih disk 0 Unallocated Space kemudian lakukan hal yang sama dengan langkah sebelumnya. maka jika berhasil seharusnya anda akan mendapatkan 3 list partisi. kemudian jika sudah, pilih Disk 0 Partition 2 lalu klik Next. jadi nantinya hasil penginstalan windows akan terletak di drive Partition 2.
  7. selanjutnya tinggal menunggu proses copy dan install filenya saja. pada saat ini jika laptop anda restart biarkan saja memang itu bagian dari proses. sambil santai ada baiknya anda juga melihat tips dan trik lain di sini.

  8. kemudian laptop akan restart kembali dan usahakan pada saat restart media penginstalan sudah dikeluarkan.setelah restart muncul gambar setup is preparing. biarkan saja, anda tinggal bersabar saja karena memang sedikit lagi berhasil.
  9. langkah-langkah selanjutnya hanyalah settingan pribadi anda untuk laptop anda jadi anda dapat memilih dan mengisi sesuai selera. 
    kolom pertama isi dengan nama user laptop anda sedangkan kolom kedua nama dari laptop atau komputer anda jika nanti berhubungan dengan jaringan.


    kolom satu dua isi password untuk user anda, ini akan digunakan juga untuk masuk pertama kali ke windows. password hint adalah password pengingat jika anda lupa passwordnya. anda juga dapat tidak mengisi password ini jika memang anda tidak mau user anda memiliki password.


    jika anda tidak mempunyai serial number anda dapat langsung saja pilih Next



    biarkan secara default yaitu Use recommended Setting, bagi para pemula anda sebaiknya memilih opsi tersebut.


    selanjutnya anda kembali disuruh untuk mengatur waktu. pilih time zone indonesia (UTC+07:00)
  10. tunggu sebentar windows preparing dekstop dan akhirnya selamat anda sudah berhasil menginstalnya.


jika sudah berhasil maka langkah selanjutnya adalah menginstal driver dan juga jangan lupa antivirus. agar windows anda aman sebelum virus masuk. untuk melihat driver apa saja yang belum terisntal bisa lihat di device manager, caranya klik kanan My computer dan pilih device manager. lihat jika ada tanda seru warna kuning berarti driver tersebut belum terinstal. oh iya satu lagi jangan lupa untuk mengaktifkan windows tersebut dengan software windows 7 loader.

sekian tutorial yang bisa saya bagikan, semoga dapat bermanfaat dan jika memang ada kesalahan dan kurang paham dalam tutorial dasar ini ada baiknya anda berkomentar dibawah, agar saya juga tahu apa kesalahannya. manusia tidak pernah luput dari salah. terima kasih


1 komentar so far

Nice info gan, thanks infonya langsung saya coba :D

Baca juga ~> http://www.silalahi.me/2014/12/15-tempat-menarik-yang-wajib-di.html

Berkomentarlah dengan kata-kata yang sopan dan bijaksana..
EmoticonEmoticon