Sunday 3 May 2015

10 Fungsi Lain Google


Siapa yang tidak mengenal Google? Yah, Google adalah mesin pencarian terbaik yang pernah ada. Google dikenal dengan keakuratannya dalam mencari. hampir segala sesuatu yang ingin dicari ada pada Google. Sehingga tak jarang kita menemukan kata "Mbah Google" terlontar sebagai jawaban ketika ingin mencari sesuatu. Tapi, apakah benar fungsi Google hanya sebagai mesin pencari saja? Jawabannya tentu tidak, banyak lagi fungsi google yang kebanyakan publik belum mengetahuinya.

Berikut adalah 10 Fungsi Lain Google yang pasti belum kalian ketahui. Untuk menjalankan fungsi Google, kita bisa melalui web browser dengan mengakses laman Google (https://www.google.com) lalu mengetikkan perintah di kolom pencarian. Atau dengan aplikasi Google yang bisa di download disini.


     1. Calculator (Kalkulator)

Nah, buat yang suka lupa bawa kalkulator ke sekolah, kampus, atau ke kantor, Google bisa lho dijadikan kalkulator. Caranya gampang. tinggal buka aplikasinya, lalu ketikkan Calculator. Untuk memunculkan kalkulator ini tidak hanya bisa dilakukan di aplikasi Google saja. Kita juga bisa mengakses melalui web browser. Lalu, ketikkan Calculator atau Kalkulator di kolom pencarian Google.

Selain dengan mengetikkan kata Calculator terlebih dahulu, kita juga dapat langsung menuliskan persamaan di kolom pencaarian tersebut. Secara otomatis aplikasi kalkulator google akan terbuka. Tidak hanya Aritmatika, perhitungan lain yang bisa kita lakukan selain Aritmatika adalah Fungsi. Kita juga dapat dengan cepat membuat grafik dari persamaan yang rumit dengan memasukkan fungsi ke dalam kolom pencarian.


     2. Sunrise (Matahari terbit)

Siapa yang tidak senang melihat matahari terbit? Bagi sebagian orang, melihat matahari terbit merupakan momen terindah yang dapat dijadikan sebagai kenangan. Sudah jelas bahwa waktu terbitnya matahari diberbagai tempat pasti berbeda. Namun, dengan fungsi Google yang satu ini kita bisa dengan mudah mengetahui waktu sunrice di belahan dunia manapun.

Fungsi lain Google yang kedua ini sangat bermanfaat untuk orang yang memiliki hobi mendaki gunung untuk melihat sunrise (Matahari terbit).  Kita hanya harus mengetikkan kata Sunrise diikuti dengan nama kota. atau untuk Google Indonesia, ketikkan Matahari terbit dan juga diikuti ole nama kota. Jika tidak diikuti oleh nama kota, maka secara default Google akan memberi tahu informasi sunrise di kota Anda.



     3. Weather (Cuaca)

Fungsi Google selanjutnya adalah sebagai peramal cuaca. Setelah sebelumnya kita mengetahui waktu sunrise, kita juga perlu mengetahui cuaca di tempat tersebut. caranya gampang. ketikkan wheater diikuti dengan nama kota yang ingin kita ketahui kondisi cuacanya. sama seperti sebelumnya, jika kita tidak menuliskan nama kotanya, Google akan secara default memberi tahu informasi cuaca di tempat kita berada. Untuk Google Indonesia, gunakan keyword cuaca.



     4. Time Now (Jam sekarang)

Rata-rata manusia melihat handphone lebih dari 300 kali dalam sehari. Selain untuk mengecek media sosial, biasanya manusia melihat handphone hanya untuk mengetahui waktu saat ini saja. Lalu, bagaimana jika terjadi hal yang tidak diinginkan, seperti batre handphone habis atau lupa membawa handphone? Tenang, Google telah menyediakan fungsi yang berguna untuk mengetahui waktu saat ini. Ketikkan kata Time now atau Jam sekarang dan Google akan memberi tahu kita waktu saat ini di tempat kita. Kita juga bisa lho mengetahui waktu saat ini di negara-negara lain. Caranya, setelah kata Time now diikuti dengan in [nama tempat]. Untuk Google Indonesia bisa dengan format Jam sekarang di [nama tempat].



     5. Calorie Counter

Nah, fungsi yang satu ini pastinya sangat bersahabat bagi yang suka memilih-milih makanan sebelum makan. Apa saja yang biasanya dibandingkan saat memilih makanan? Apalagi kalau bukan kalorinya. Dengan fungsi Google yang satu ini, kita bisa membandingkan makanan berdasarkan kalorinya. Namun, bukan hanya perbandingan kalori saja yang dapat kita ketahui. Google juga menyediakan informasi perbandingan lainnya, mulai dari total karbohidrat, gula, protein, sampai ke perbandingan kadar magnesium, zat besi, kalsium, dan vitamin.

Fungsi yang satu ini hanya dapat dilakukan di aplikasi Google saja. atau lebih tepatnya saya belum mengetahui cara untuk menjalankan fungsi yang satu ini di web browser. Bagaimana caranya?ketikkan di kotak penelusuran dengan format [nama makanan] vs [nama makanan]. Contoh : Burger vs Pizza.



     6. Currency Conversion (Konversi mata uang)

Fungsi Google selanjutnya adalah sebagai konversi mata uang. Dengan format [nama mata uang] to [nama mata uang], kita bisa mengkonversikan nilai tukar mata uang apapun. Contoh, ketikkan Dollars to Rupiah dan lihat apa yang terjadi. Fungsi yang satu ini juga belum saya temukan caranya di web browser. 



Beberapa fungsi selanjutnya juga hanya bisa dilakukan melalui aplikasi Google saja. Bagi teman-teman yang mengetahui caranya jangan lupa ya tinggalkan komentar dibawah.

     7. My Photos

Fungsi berikutnya adalah My Photos. Dengan mengetikkan My Photos di aplikasi Google, Google akan memberikan kita foto yang tersinkronisasi dengan akun Google+ yang kita miliki. Hasil pencarian ini juga hanya dapat ditemukan oleh kita sendiri. Jadi, orang lain tidak mungkin menemukan foto yang kita miliki. Kita juga dapat mem-filter pencarian untuk mencari foto kita ditahun 2013 dengan cara menambahkan tahun dibelakang. Contoh, My Photos in 2013.


     8. My Events

Hampir sama seperti sebelumnya. fungsi My events ini akan mendapatkan data dari Google Calendar. Dengan mengetikkan My events maka Google akan mencarikan kita event terdekat yang akan kita lakukan. Jika kita ingin melihat event apa saja yang ada di bulan tertentu, tinggal tambahkan on [nama bulan], maka kita akan melihat event yang ada pada bulan itu.





     9. Set a Timer

Kita juga bisa lho meminta bantuan Google untuk mengingatkan kita di waktu tertentu atau lebih tepatnya bisa disebut sebagai alarm. Dengan mengetikkan kata set an alarm atau set a timer maka google akan meminta waktu kapan dia harus mengaktifkan alarm nya. setelah waktunya di tentukan, lihat apa yang terjadi. Jika kita malas mengeset waktunya, kita juga bisa langsung menentukan waktunya di awal. Dengan format berikut, contoh set a timer for 5 minutes, maka Google akan mengingatkan kita 5 menit daari sekarang.  




     10. Send a Note

Nah, fungsi yang terakhir ini akan mengirimkan pesan (Note) ke email kita.  Siapa yang mengirimkan pesan tersebut? sebenarnya juga kita sendiri. Namun, dengan mengetikkan Send a Note maka kita tidak perlu bersusah payah membuka email dan menuliskan alamat email untuk diri kita sendiri. Dengan fungsi ini Google hanya akan meminta kita menuliskan isi pesannya saja. Selebihnya, secara otomatis dilakukan oleh Google.



Nah itu dia 10 fungsi lain dari Google. Tidak disangka ya Google menyediakan hal-hal seperti ini untuk mempermudah kehidupan manusia. Kita sebagai manusia boleh saja memanfaatkan fungsi Google diatas. Namun, jangan sampai berlebihan ya. Bagi yang mengetahui fungsi Google lainnya jangan lupa ya berbagi di kolom komentar. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat, Terima kasih.

Berkomentarlah dengan kata-kata yang sopan dan bijaksana..
EmoticonEmoticon