Friday 1 May 2015

Manfaat Lada Hitam Untuk Rambut Sehat

lada hitam


Manfaat Lada Hitam - Lada hitam atau biasa disebut black paper selama ini sering dipakai sebagai rempah untuk masakan agar masakan memiliki cita rasa pedas tersendiri. Sama seperti lada putih lada hitam juga tumbuh dari tanaman yang sama. Hanya saja lada hitam dan lada putih memiliki cara pengelolahan yang berbeda sehingga menghasilkan warna, tekstur dan rasanya masing-masing.


Lada hitam sendiri diambil dari buah lada yang hampir busuk dan mengering akibat terkena paparan sinar matahari terus menerus sehingga kulitnya berubah warna kehitaman. Lada hitam yang dipanen kemudian di rendam dengan air garam agar kulitnya terkelupas dan meninggalkan bagian dalamnya saja. 

Lada hitam ternyata tidak hanya digunakan sebagai pelengkap bumbu makanan saja tetapi juga mempunyai khasiat atau manfaat lain yang digunakan untuk kesehatan. Dengan kandungan Vitamin C dan Vitamin K serta Kalium dan Zat Besi, Lada hitam dipercaya dapat mengobati beberapa penyakit dan memelihara kesehatan rambut. Kali ini yang akan saya bahas adalah manfaat lada hitam untuk rambut. Berikut merupakan beberapa manfaaatnya :

1. Rambut Menjadi Tebal dan Kuat

Manfaat lada hitam yang pertama dalah menjadikan rambut tebal dan kuat. Rambut yang tebal, kuat dan sehat biasanya menjadi idaman banyak orang. Karena dengan rambut yang sehat membuat penampilan setiap orang menjadi lebih menawan. Selain menggunakan lidah buaya, seledri dan kemiri ternyata lada hitam juga dapat membuat rambut lebih tebal, sehat dan kuat. 

Caranya adalah dengan membuat sendiri hair mask dari campuran lada hitam dan biji lemon. Untuk membuatnya sangat mudah sekali, anda hanya tinggal mencampurkan 1 sendok teh lada hitam bubuk dengan 1 sendok teh  biji lemon yang telah dihaluskan serta beberapa tetes olif oil dan aduk hingga mengental. Setelah itu pakaikan hair mask lada hitam tersebut ke kulit kepada anda hingga merata lalu diamkan selama kurang lebih 20 menit. Selanjutnya setelah 20 menit, Cuci rambut dengan air hangat lalu bersihkan dengan shampo. Dengan memakai hair mask lada hitam secara teratur maka pertumbuhan rambut akan lebih cepat, rambuat akan menjadi lebih lebat, kuat dan tentu saja lebih sehat.   


2. Menghilangkan Ketombe

Manfaat lada hitam selanjutnya adalah untuk mengatasi ketombe. Walaupun bentuk lada hitam yang kecil namun didalamnya terdapat bebagai manfaat yang baik termasuk adalah kandungan anti bakteri dan anti inflamasi yang dipercaya dapat mengatasi permasalahan ketombe dalam rambut. Dengan kandungannya tersebut lada hitam dapat membunuh bakteri penyebab infeksi pada kulit kepala sehingga dapat mencegah pertumbuhan ketombe. Seperti diketahui ketombe sangat mengganggu penampilan seseorang serta menimbulkan rasa gatal berlebih. 

Lalu untuk mengatasi  ketombe pada rambut hanya diperlukan 1 sendok teh lada hitam yang telah dihaluskan dengan yogurt. Setelah sudah dicampur maka selanjutnya balurkan pada rambut dan diamkan kurang lebih 30 menit. Setelah itu bilas rambut dengan menggunakan air saja tanpa perlu menggunakan shampo. Hal ini dilakukan supaya campuran lada hitam dan yogurt dapat langsung meresap ke kulit kepala. Keesokan harinya barulah rambut dibilas dengan menggunakan shampo. Karena lada hitam dapat menyebabkan kulit kepala terbakar sehingga jangan menggunakan terlalu berlebihan.

3. Menghilangkan Uban

Manfaat lada hitam berikutnya adalah menghilangkan uban pada anak-anak muda. Uban atau rambut putih dikepala biasanya identik dengan orang yang sudah tua. Namun banyak pula anak muda berusia dibawah 30 tahun yang sudah memiliki uban. Biasanya hal ini karena stress dan kurangnya pigmen pada rambut setelah kantong rambut tidak dapat lagi mewarnai rambut sehingga timbul uban. Untuk menghilangkan uban agar tidak lagi mengganggu penampilan anda juga dapat memanfaatkan lada hitam. Caranya sangat mudah sekali yaitu campurkan 1 gram lada hitam dengan 100 gram yogurt tanpa gula. Setelah itu oleskan ke kulit kepala dan rambut secara merata lalu diamkan selama 1 jam. lalu cuci rambut dengan air hangat dan shampo. lakukan perawatan ini rutin setiap seminggu sekali sehingga rambut akan terlihat lebih hitam tanpa uban. Sebenarnya selain menggunakan lada hitam anda juga dapat menggunakan kopi dan yogurt untuk mendapatkan manfaat yang sama.

4. Mencegah Kebotakan

Manfaat Lada hitam yang terakhir adalah untuk mencegah kebotakan. Kebotakan juga biasanya merupakan permasalahan yang cukup menganggu. Untuk mencegah kebotakan biasanya orang rela melakukan apa saja dengan biaya yang cukup mahal demi dapat mempertahankan keutuhan rambut kepala. Sebenarnya untuk mencegah kebotakan anda dapat melakukan dengan suatu cara dirumah hanya dengan memanfaatkan lada hitam sebagai shampo. Caranya yaitu dengan cara memanfaatkan campuran lada hitam dan yogurt. pasta lada hitam dan yogurt ini digosokan ke rambut seperti halnya saat menggunakan shampo. Setelah itu diamkan beberapa menit lalu bilas dan cuci bersih rambut dengan menggunakan shampo.

Itulah beberapa manfaat dari lada hitam atau merica hitam untuk kesehatan rambut. Semoga informasi ini dapat berguna untuk anda yang mengalami banyak masalah pada rambut. Semoga masalah rambut anda bisa cepat teratasi dengan ramuan-ramuan dari lada hitam yang dicampur beberapa bahan lainnya.

Sumber : SpotLite Trans 7

7 komentar

Ternyata banyak juga manfaat lada hitam ini. Thanks ya atas informasinya. Jadi tambah pengetahuan saya nih :)

Sepertinya gue butuh ntu bray secara rambut gue panjang bray. Thanks bray.

Wih ,, ternyata bagus sekali mnfaatnya, nice gan (y)

sama-sama gan semoga dapat di praktekkan dirumah

wah bener banget tuh bray, rambut panjang tuh cocok banget pakek ramuan-ramuan lada hitam nih supaya tetep kuat dan sehat, hehe

Bsa dcbaa thu gan , soalnya rmbut ane Tpiis nii gaan ,,,
Hehe

Berkomentarlah dengan kata-kata yang sopan dan bijaksana..
EmoticonEmoticon