Saturday 2 May 2015

10 Tips Cara Menghilangkan Bau Mulut

photos by global.fncstatic.com
Cara menghilangkan bau mulut - Tidak ada manusia yang terlepas dari yang namanya bau mulut. Akan tetapi dalam beberapa kondisi tertentu bau mulut ini menjadi sebuah gejala yang susah untuk dihilangkan. Bau mulut orang yang berpuasa itu sudah biasa namun untuk orang yang tidak berpuasa, bau mulut yang tidak bisa hilang dan susah untuk diatasi tentu saja menjadi perkara yang akan menimbulkan rasa tidak percaya diri dan menganggu orang disekitarnya.

Sebenarnya bau mulut ini banyak sekali penyebabnya, bisa jadi karena makanan yang kita makan, dan juga karena kita tidak rajin membersihkan mulut kita. Berikut beberapa tips yang dapat anda praktekan untuk menghilangkan bau mulut anda :

1. Menggunakan Parfum Mulut

Ini adalah cara yang paling simple, anda bisa menemukan parfum mulut spray ini di toko-toko terdekat rumah anda. Cara menggunakannya adalah cukup dengan menyemprotkan ke dalam mulut anda, kemudian hembuskan nafas anda dan rasakan kesegarannya.

2. Permen

Jika anda tidak terbiasa menggunakan parfum mulut dan juga karena melihat harganya juga yang tidak murah. Maka untuk menghemat penggunaan parfum anda juga dapat menggunakan tips yang kedua ini yaitu menggunakan permen. Mengkonsumsi permen seperti kiss,relaxa pokoknya yang mengandung mint dan membuat sensasi segar dimulut bisa membuat nafas anda segar dan tentunya semakin percaya diri dalam berkomunikasi.

3. Menyikat Gigi Dengan Rutin

Penyebab bau mulut adalah karena adanya bakteri dan kotoran bekas makanan yang menempel di rongga-rongga mulut kita. Sehabis makan usahakan berkumur dan kalau bisa menggosok gigi sehingga mulut anda tetap segar dan nyaman dalam berbicara.

4. Mengkonsumsi Buah-buahan

Ini merupakan cara alami yang dalam mendapatkan mulut yang segar dan menghilangkan aroma tidak sedap di mulut. Buah-buahan bisa mengatasi timbulnya bau mulut dengan ampuh, tidak percaya? langsung saja coba sendiri maka anda akan merasakan efeknya, hehe.

5. Mengkonsumsi cukup air putih

Selain menyehatkan ternyata air putih juga dapat menghilangkan bau mulut, walaupun tidak seampuh yang lain. Dengan menggunakan air putih akan mampu membersihkan rongga mulut dan mengatasi bau mulut dengan alami. 

6. Tidak Sembarangan makan

Untuk menghindari bau mulut karena makanan, maka hindarilah mengkonsumsi makanan yang menimbulkan bau tidak sedap. makanan-makanan itu seperti pete atau jengkol. Bau yang ditimbulkan oleh makanan-makanan tersebut sangat lama sekali. lebih baik anda langsung banyak mengkonsumsi air putih setelah makan-makanan yang dapat menghasilkan bau mulut.

7. Kurangi mengkonsumsi Cafein / kafein

kafein memang mempunyai efek yang buruk bagi kesehatan manusia. Kafein yang terlalu berlebihan akan menimbulkan beberapa penyakit. maka dari itu hindarilah makanan atau minuman yang berbahan campuran kafein seperti kopi. Anda dapat mengkonsumsi kopi tapi hanya sewajarnya saja jangan terlalu berlebihan. pada umumnya orang yang mengkonsumsi cafein terlalu banyak akan menimbulkan bekas pada gigi dan makin lama akan menimbulkan bau tidak sedap.

8. Cukupi mengkonsumsi sayuran

Sebagian orang mungkin sangat risih jika mendengar kata sayuran, karena memang makanan sehat yang satu ini tidak begitu banyak peminatnya. Padahal sayuran ternyata juga bisa digunakan untuk menghilangkan bau mulut yang tidak sedap. Usahakan setiap hari rutin mengkonsumsi sayuran dengan porsi yang sudah di siapkan. Maka insyaallah bau mulut tidak akan pernah menghantui anda lagi.

9. Cukupi Konsumsi Vitamin C

Vitamin C selain sangat baik untuk kesehatan tubuh karena dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Ternyata vitamin C juga dapat menghilangkan bau di mulut. Entah apa kandungan yang ada didalam vitamin C tersebut sehingga ketika mulut kita bau dan kita mengkonsumsi makanan (seperti jeruk) atau minuman yang mengandung vitamin C yang banyak maka bau mulut itu akan hilang dengan sendirinya.

10. Periksa Ke Dokter

Ini adalah opsi terakhir yang bisa anda pakai jika semua opsi sebelumnya gagal. Jika bau mulut anda sudah susah untuk diatasi, susah untuk dihilangkan maka alangkah baiknya langsung berkonsultasi saja dengan doktor yang lebih ahli di bidangnya.

Nah seperti itulah beberapa tips sederhana yang dapat anda gunakan untuk menghilangkan bau mulut anda. Semoga anda berhasil menjalankan salah satu dari tips yang saya bagi tersebut. Dan jika anda mempunyai tips yang bagus lagi untuk menghilangkan bau mulut maka alangkah baiknya anda membagi di komentar agar dapat dibaca oleh pembaca yang lain, Terima kasih.

Special Thank to GoSehat channel

Berkomentarlah dengan kata-kata yang sopan dan bijaksana..
EmoticonEmoticon