Monday 13 April 2015

Segara Anakan, Surga Tersembunyi Dalam Hutan Pulau Sempu

pantai segara anakan pulau sempu malang
Photo by @tubagushidayat
Pantai Segara Anakan - Kabupaten Malang memang sangat terkenal sekali dengan keindahan pantai-pantainya yang masih asri dan terjaga. Siapa yang tidak tahu pantai balekambang dan Goa cina, kedua pantai tersebut sudah menjadi primadona para traveller yang ingin berlibur ke malang. Tapi jika tujuan berlibur anda adalah untuk mencari ketenangan tentunya pantai-pantai seperti itu tentunya tidak cocok untuk anda. Di malang ada satu pantai yang sangat di rekomendasikan buat para traveller yang ingin mencari ketenangan sambil menikmati keindahan alam yang indah dan masih asri belum banyak dijamah orang. Pantai tersebut bernama Pantai Segara Anakan.

Mungkin hanya sebagian orang yang tahu tentang pantai Segara Anakan ini. Itu sangat wajar sekali karena pantai ini memang terletak di sebuah pulau kecil tidak berpenghuni bernama pulau Sempu. Pulau Sempu adalah pulau yang tidak berpenghuni yang memiliki luas sekitar 877 Hektar yang berada kurang lebih 60KM di selatan Kota Malang. Pulau ini masih sangat asri sekali karena masih belum banyak wisatawan yang mengetahui tempat ini. Didalam pulau kecil ini terdapat pantai Segara Anakan yang keindahannya begitu menakjubkan. Segara Anakan terletak dantara hutan-hutan yang mengelilinginya.

Keindahan yang ditawarkan oleh Segara Anakan memang tidak ada duanya. Pantai dengan pasir yang putih dan lembut membuat nyaman kaki untuk berpijak dan berlari-lari di pantai tersebut. Kejernihan air yang berwarna perpaduan biru dan hijau akan membuat anda betah berlama-lama di pantai ini. Selain itu ombak yang tenang dipadu hembusan angin yang semilir dengan udara yang begitu sejuk akan menambah suasana keasrian tempat ini. Tidak heran memang kalau Segara Anakan dijuluki sebagai Surga Tersembunyi dalam hutan pulau sempu.

Pantai Segara Anakan memang sedikit berbeda dengan pantai yang lainnya karena letaknya yang tidak langsung bertatapan dengan laut lepas. Pantai ini dikelilingi bukit-bukit karang yang menjulang tinggi yang ditumbuhi banyak pepohonan. Itu akan membuat tempat ini tidak seperti pantai pada umumnya melainkan seperti danau atau telaga. Ombak dari laut selatan tidak bisa langsung masuk ke pantai ini. Air laut dapat masuk ke Segara Anakan lewat lubang kecil yang secara kontinue mengalirkan air. Percikan dari ombak-ombak pada lubang ini akan menjadi sebuah pemandangan yang sulit sekali dijumpai di tempat lain.

Jika anda beruntung di tempat ini anda juga akan dapat menemui Lutung  jawa dan kera putih yang berkeliaran di hutan. Keberadaan hewan-hewan tersebut pastinya membuat siapapun yang berada di tempat ini akan merasa menyatu dengan alam yang indah. Jika anda membawa peralatan untuk snorkeling, disini anda juga bisa bersnorkeling ria. Memang pemandangan bawah lautnya tidak begitu bagus seperti di karimun jawa. Tetapi sensasi snorkeling di tempat ini adalah menikmati kesegaran air laut yang menyegarkan dan masih jernih yang membuat snorkling akan begitu mengasikkan.

Setelah anda puas bermain-main air di pantai ini ada baiknya anda menuju ke atas bukit. Pemandangan yang menakjubkan akan anda dapatkan disana. Anda akan dapat melihat laut lepas yang terbentang luas dan juga anda akan melihat keindahan Sebenarnya dari Segara Anakan diatas bukit itu. Pemandangan pantai yang dikelilingi hutan dan tebing akan sangat terlihat jelas.

pantai segara anakan
photo by eko yudhi setyarno 

pulau sempu
photo by @atikcihuy 

laguna segara anakan
photo by Acie Si Petualang on Path

Rute Menuju Segara Anakan

Untuk menuju dan menikmati keindahan alam Segara Anakan ini memang tidak mudah. Rute yang harus di tempuh sangatlah menantang. Dari malang anda harus menuju ke pelabuhan sendang biru. Disini saya menganggap anda sudah tahu lokasi pelabuhan sendang biru. Jika memang tidak tahu anda dapat menggunakan GPS smartphone anda. Dari pelabuhan sendang biru anda harus menggunakan kapal untuk menyeberang ke pulau sempu dengan harga Rp 100.000,00 perkapal dengan isi maksimal 10 orang. Sebenarnya pulau sempu ini adalah cagar alam, maka dari itu anda harus minta izin terlebih dahulu ke kantor perhutani yang ada disana. Selain itu saran saja untuk menggunakan jasa guide supaya tidak tersesat di hutan pulau sempu. Untuk ke Segara Anakan tarif guidenya adalah 100rb.

Naik kapal dari pelabuhan sendang biru menuju segara anakan memakan waktu kira-kira 15 menit saja. Anda akan mendarat di sebuah ceruk kecil bernama teluk semut. Kapal tidak sepenuhnya mendarat di pantai melainkan agak jauh dari pantai jadi anda harus siap berbasah ria disana. Setelah itu anda akan berjalan kaki menuju ke segara anakan melewati hutan. Anda harus bersiap-siap dengan segala hal yang terjadi dalam perjalanan, banyak tantangan yang harus di lalui. Tantangan yang paling sulit adalah ketika hampir sampai di Segara Anakan. Anda harus melewati jalan setapak yang sangat sempit. Disamping jalan tersebut adalah laut dan disamping satunya adalah dinding tebing. Disini keindahan dari Segara Anakan sudah mulai terlihat.

Sesampainya di Segara Anakan anda dapat mendirikan tenda di sekitar pantai. Usahakan agak jauh dari pantai karena jika mulai malam air akan pasang. Istirahatlah sebentar karena perjalanan ke tempat ini membutuhkan tenaga ekstra. Tetapi tenang saja capek letih lelah lesu akan terobati ketika melihat keindahan tempat ini.

Sebenarnya masih ada lagi pantai-pantai yang ada di pulau sempu seperti pantai barubaru yang juga tidak kalah eksotisnya dengan Segara Anakan. Jika anda ingin berlibur ke pulau sempu sebaiknya anda memperhatikan cuaca pada hari itu. Jangan sampai ke pulau sempu pada saat musim hujan karena sangat berbahaya.

rute pantai segara anakan
Rute Segara Anakan
Oke seperti itulah sedikit banyak tentang Pantai Segara Anakan surga tersembunyi di pulau sempu. Keindahan alam memang sangat menakjubkan, allah menciptakan alam agar dikelola dengan baik oleh manusia. Maka dari itu rawatlah keindahan alam yang telah ada, jangan pernah dirusak atau dikotori. Terima kasih

Berkomentarlah dengan kata-kata yang sopan dan bijaksana..
EmoticonEmoticon