Tuesday 14 April 2015

Eksotisnya Air Terjun Pinggir Pantai Banyu Tibo

pantai banyu tibo

Pantai Banyu Tibo Pacitan - Jika anda wisatawan yang suka berlibur ke pantai dan ingin melihat pemandangan yang jarang di temukan di pantai-pantai lain, anda dapat berkunjung ke pantai Banyu Tibo. Pantai yang terletak di Desa Widoro, Kecamatan Donorejo, Pacitan ini menyuguhkan pemandangan yang indah dan unik sekali yaitu pemandangan air terjun yang langsung jatuh ke laut. Pada umumnya air terjun akan kita jumpai di bukit-bukit atau gunung-gunung dataran tinggi, tapi air terjun yang satu ini dapat dijumpai di bibir pantai. Bibir pantai yang berbentuk bukit menyebabkan air dari sungai akan mengalir dari ketinggian dan langsung menuju dataran yang rendah. Air sungai yang mengalir tidak akan pernah kering walaupun musim kemarau.

Air terjun di pantai Banyu Tibo ini tidak terlalu tinggi. Anda dapat bermain di atas air terjun karena sudah disediakan tangga untuk ke atas. Dari atas anda dapat bermain air yang mengalir sambil melihat pemandangan keindahan laut lepas yang sangat indah sekali. Jika sudah puas anda dapat bermain di pasir pantai banyu tibo. Pasir putih di pantai ini sangat lembut tentunya tidak akan merusak kaki-kaki manis anda. Anda juga dapat berenang dan menikmati desiran ombak yang tidak terlalu ganas. Air di pantai ini sagat jernih dan lumayan biru. Jika sudah puas bermain anda dapat langsung menuju bawah air terjun untuk membersihkan badan anda. Lengket karena air laut bisa anda bersihkan dengan air terjun ini karena airnya adalah air tawar. Terus mengapa sih pantai ini dinamakan pantai Banyu Tibo?

Pantai Banyu Tibo sendiri merupakan salah satu pantai dari sekian banyak pantai yang ada di Kabupaten Pacitan. Selain terkenal dengan keindahan goa-goanya ternyata pantai di pacitan juga sangat tidak kalah menakjubkan. Sebut saja pantai Klanyar dan pantai Srau yang sudah lumayan terkenal di warga pacitan. Pantai banyu tibo saat ini mulai dikenal oleh banyak masyarakat karena pemandangan yang disuguhkan memang berbeda dengan pantai pada umumnya. Dinamakan pantai banyu tibo karena pantai ini memiliki air terjun. Banyu tibo merupakan bahasa jawa yang berarti air jatuh. Air jatuh disini dapat di artikan air terjun. Jadi pantai ini bernama banyu tibo karena air terjun yang ada di bibir pantai ini langsung jatuh ke laut.

Rute Menuju Pantai Banyu Tibo

Untuk menuju ke Tempat ini tidak terlalu sulit, anda yang mempunyai menggunakan GPS insyaallah tidak akan tersesat. Oke jika anda tidak menggunakan GPS maka itulah masalahnya. Oke langsung ini adalah rutenya. Untuk menuju ke pantai ini, dari arah mana pun di Kota Pacitan, anda menuju ke Kecamatan Punung terlebih dahulu. Setelah dari Kecamatan Punung, kendaraan diarahkan menuju perempatan Kalak (arah Goa Gong). Dari perempatan itu, kita bisa mengambil arah kiri, yang mana juga satu jalur dengan Klayar. Setelah 50 meter, kita akan menjumpai pertigaan lagi. Dari pertigaan itu, kita ambil arah kanan, dengan tujuan Pantai Buyutan dan Pantai Banyu Tibo. Dari situ, kita bisa mengikuti jalan beraspal hingga menemukan pertigaan lagi, yang mana kita harus mengambil arah kiri dengan jalanan yang terbuat dari beton. Tak perlu bingung, di situ ada penunjuk arah ke pantai Banyu Tibo. (www.artebia.com)

Jalanan yang ditempuh medannya sangat berat. Kondisi beton sangat licin, bahkan sebagian jalan tertutup lumut. Disarankan untuk naik motor saja ke pantai Banyu Tibo karena jika Anda naik kendaraan roda empat, jalannya sangat kecil dan hanya muat untuk satu mobil saja. Jadi akan sangat sulit jika ada mobil dari arah berlawanan. Selain itu, sopirnya harus yang sudah berpengalaman, kalau bisa yang sudah bertahun-tahun menjadi supir, hehe. oh iya sekarang saat masuk ke pantai tibo anda di kenakan biaya. Biayanya murah kog tenang saja gak akan menguras kantong anda.

Oke sekian dulu ulasan tentang keindahan pantai banyu tibo bersama air terjunnya. Semoga dapat menjadi referensi anda dalam memilih tempat berlibur nantinya. Jika ada salah mohon di koment ya, supaya tahu salahnya ada dimana. Terima kasih

Yang terakhir ini saya tunjukan gambar-gambar keindahan pantai banyu tibo yang saya dapat dari mbah google, cek this.
pantai banyu tibo

pantai banyu tibo

pantai banyu tibo pacitan

pantai banyu tibo pacitan

Berkomentarlah dengan kata-kata yang sopan dan bijaksana..
EmoticonEmoticon