Saturday 25 April 2015

Manfaat Madu Untuk Kulit Yang Belum Banyak Diketahui

madu

Manfaat Madu - Madu merupakan salah satu jenis makanan yang banyak dicari. Rasanya yang khas dan manfaatnya yang sangat banyak merupakan dasar dan alasan diburunya makanan kental yang manis ini. Manfaat madu antara lain dapat membuat kulit lebih sehat. Untuk mendapatkan manfaat tersebut anda bisa langsung  mengkonsumsinya atau mengaplikasikannya pada kulit. Madu mempunyai manfaat yang besar untuk kecantikan dan keindahan kulit manusia. Buktinya banyak sekali produk kecantikan yang menggunakan madu sebagai salah satu bahan utamanya. Tapi yang penting adalah anda harus memilih  madu asli bukan madu-madu yang murah yang tidak terjamin keasliannya. Lalu apa saja manfaat madu bagi kulit kita? berikut merupakan manfaat madu bagi kulit manusia :

1. Untuk Kulit Wajah

Madu sangat bagus sekali untuk merawat kulit wajah. Bagi anda yang mempunyai kulit kering tidak ada salahnya memakai madu sebagai perawatan tambahan. Madu bisa memberikan kelembaban ekstra buat kulit wajah. Tekstur kulit akan jadi lebih halus dan lembut. Caranya adalah oleskan saja madu ke daerah wajah dan leher. Anda bisa menambah bahan yang lain untuk menambahkan khasiat kinerja dari madu dalam memperhalus dan mempercantik wajah. Jangan lupa saat mengaplikasikan madu pastikan kulit dalam keadaan basah. Madu bisa mencegah efek penuaan, kandungan madu yang bisa menangkal radikal bebas akan membuat kulit terlihat lebih muda. Madu juga bisa dibuat menjadi tonar, caranya adalah campurkan dua sendok teh lemon, 2 sendok madu dan air secukupnya. Masukkan adonan tersebut ke dalam wadah botol yang bersih lalu kocok  sampai merata. untuk menggunakannya tuangkan beberapa tetes hasil campuran tersebut pada kapas lalu usapkan ke wajah anda.

2. Untuk Kesehatan Rambut

Rambut yang indah sudah menjadi dambaan semua orang. Siapa yang tidak ingin rambut indah, mungkin hanya orang botak saja, hehe. Ternyata madu memiliki khasiat yang membuat rambut menjadi lebih sehat dan indah. Kandungan vitamin dalam madu membuat rambut menjadi lebih lembut, bercahaya dan sehat. Madu juga mampu mengatasi berbagai masalah dalam rambut. Bagi anda yang mengalami masalah kerontokan cobalah campuran minyak zaitun panas, madu dan bubuk kayu manis. Sebelum mandi oleskan di kepala dan diamkan selama kira-kira 5 sampai 15 menit lalu dibilas. Selain itu madu juga bisa berperan sebagai kondisioner yang bisa melembabkan rambut. Cobalah campurkan setengah gelas madu dan seperempat gelas minyak zaitun kemudian oleskan pada rambut, biarkan selama 30 sampai 40 menit kemudian keramaslah sampai bersih. Campurkan minyak zaitun dan madu ini juga bisa menyuburkan rambut anda. Kemudian jika dicampur dengan jeruk nipis, madu yang dioleskan dengan tambahan air hangat  akan dapat membuat rambut anda berkilau. Cara memakainya seperti saat memakai sampo seperti biasa.

3. Untuk Kesehatan Bibir

Selanjutnya madu juga sangat bermanfaat untuk mengatasi kulit bibir yang kering. Kelembaban bibir akan terjaga jika anda rutin mengaplikasikan madu kebibir. Bahkan sekarang sudah banyak dijual produk untuk bibir yang menggunakan bahan campuran madu sebagai komposisi utama produknya. Ini sangat membantu bagi anda yang tidak banyak minum air putih dan lebih banyak menghabiskan waktu di ruang yang terdapat AC (Air Conditioner). Madu tidak hanya membuat bibir menjadi lembut tapi juga dapat memerahkan bibir. Bagi anda yang mempunyai masalah bibir pecah-pecah cobalah cara ini, campurkan setengah sendok teh madu dengan setengah sendok teh minyak zaitun dan juga satu sendok teh gula pasir. Bersihkan bibir terlebih dahulu kemudian gunakan dengan cara oleskan scrub campuran madu dan minyak zaitun tersebut ke bibir anda. Biasanya kulit yang mengelupas tidak akan terasa sakit dan akan terangkat dengan mudah. Setelah itu bilas bibir dengan air bersih. Jika bibir anda baik-baik saja dan ingin  membuatnya lebih lembut dan merah, cukup oleskan madu murni kebibir anda. Lakukan hal ini secara rutin sebelum anda tidur.

4. Untuk Masker Wajah

Banyak sekali produsen kecantikan menjadikan masker madu menjadi salah satu produknya. Ini berarti madu memang mempunyai khasiat atau manfaat prima untuk membuat kulit wajah menjadi lebih cerah dan muda. Jika anda tidak tertarik membeli masker madu yang sudah jadi karena takut dicampur dengan bahan-bahan yang aneh-aneh, ada cara alami untuk membuatnya sendiri dan tentu saja sangat mudah. Bagi anda yang mempunyai kulit sensitive cukup campurkan saja madu sama baking soda dengan ukuran satu banding satu. Tambahkan sedikit air agar adonan tersebut menjadi lebih cair. Anda juga dapat menambahkan olif oil jika mau. Jika adonan sudah benar-benar tercampur lalu oleskanlah ke wajah anda dengan gerakan yang sirkular. Diamkan beberapa menit lalu bilas dengan air dan keringkan dengan handuk.

5. Untuk Menghilangkan Jerawat

Madu memiliki anti bacterial yang ampuh untuk mengatasi jerawat. Jika kandungan gula dalam madu bersinggungan langsung dengan jerawat maka madu akan memproduksi hidrogen peroksida yang ampuh untuk mempercepat proses penyembuhan. Salah satu produk madu yang direkomendasikan adalah Madu Mallorca dari selandia baru. Madu ini kaya kandungan anti bacterial yang akan emempercepat proses pemulihan. Jika anda tidak sempat membuat adonan masker anda dapat memilih cara yang sederhana yakni cukup dengan mengoleskan madu ke muka yang berjerawat dan diamkan selama 15 menit lalu bilas dengan bersih. Atau anda juga dapat membuat masker yang sangat sederhana. Caranya adalah panaskan madu murni 2 hingga 3 sendok makan diatas api, tunggu 15 sampai 30 detik. Setelah itu oleskan pada wajah yang sudah dibersihkan  dan diamkan 15 hingga 30 menit. Setelah itu usap menggunakan handuk basah hangat sampai tidak ada madu yang tersisa.  

Seperti itulah manfaat dari makanan yang diproduksi oleh lebah ini. Ternyata banyak sekali manfaatnya bagi kulit kita. Terutama untuk merawat wajah anda agar lebih sehat dan terlihat menyenangkan. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda yang sudah membacanya, terima kasih.

Berkomentarlah dengan kata-kata yang sopan dan bijaksana..
EmoticonEmoticon