Saturday 25 April 2015

Kue Ampo Khas Tuban Berbahan Tanah Liat Yang Dipanggang

kue ampo

Kue Ampo - Bagaimana ya rasanya memakan tanah liat yang dipanggang. Tapi untuk warga tuban jawa timur memakan tanah liat yang dipanggang sama seperti kita memakan stick cokelat. Makanan dari tanah liat yang diberi nama ampo ini sudah menjadi makanan tradisional yang dipercaya masyarakat tuban untuk melancarkan dan menguatkan sistem pencernaan. Bahkan memakan tanah liat juga dipercaya bisa mengobati beberapa penyakit.

Untuk memasak kue ampo ini tidak ada resep khususnya. Warga tuban hanya mencari tanah yang bersih dan bebas dari kerikil. Kemudian ditumbuk dan dipadatkan sehingga berbentuk segiempat. kemudian mengikisnya dengan stick dan membentuknya seperti gulungan. Tanah yang sudah menggulung itu kemudian dibakar dan diasapi selama 1 jam. Lalu jadilah makanan snack atau camilan yang siap untuk dimakan.

Cara membuat secara detilnya tidak terlalu sulit. Pertama pisahkan tanah liat dengan krikil atau pasir yang menempel. Pada tahap ini tanah di pilah-pilah antara yang lembut dan kasar. Seperti halnya membuat adonan jajanan atau kue lainnya, maka keseragaman tanah menentukan kenikmatan dan kepulenan kue atau camilan yang di hasilkan nantinya. Kemudian bentuk tanah menjadi kotak-kotak, Jika pada membuat kue pada umumnya ada yang disebut istilah adonan yang kalis maka pada bagian inilah tanah ini dibentuk menjadi adonan kalis. Membentuk adonan menjadi kotak menunjukan bahwa adonan sudah kalis. Selanjutnya tanah liat dibentuk menjadi stick. Cara pembuatannya ini hampir sama seperti membuat wafer stick.

Setelah tanah liat dibentuk menjadi stick, kemudian tanah liat dipanggang diatas tungku tradisional sampai mengeras dan kering. Tanah liat diletakkan diatas wajan dengan pemanasan tungku dan kayu. Setelah semua proses dilalui maka kue tanah liat ini siap untuk di hidangkan di meja makan untuk menjadi teman ngobrol saat suasana santai bersama keluarga.

Ternyata Sebenarnya tanah liat mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan dan kecantikan. Diantara khasiat tanah liat yang saya dapat dari searching google adalah sebagai berikut :

  1. Sebagai obat untuk sakit perut, karena tanah liat memiliki zat seperti sponge yang berfungsi menyerap racun di tubuh.
  2. Sebagai pengurang rasa sakit di luka, hal ini dikarena oleh sifat tanah liat yang adem dan memiliki kandunga Zink dan Zat besi yang membantu penyembuhan luka.
  3. Sebagai detox tubuh. Tanah liat yang bersifat seperti sponge ini dapat digunakan untuk menyerap racun-racun ditubuh kita seperti bekteri, zat logam berbahaya, dll. 
  4. Untuk kecantikan, tanah liat bermanfaat untuk mengencangkan kulit dan memuluskan kulit Anda jika digunakan sebagai masker atau lulur tubuh.
Demikianlah kue ampo yang sangat unik dari daerah tuban. Jika anda tertarik langsung saja datang kekota tuban dan langsung mencicipi rasa unik dari tanah yang dipanggang ini. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan anda tentang makanan tradisional yang dimiliki oleh Indonesia.

Berkomentarlah dengan kata-kata yang sopan dan bijaksana..
EmoticonEmoticon