Tuesday 28 April 2015

Manfaat Kulit Buah Yang Biasanya Dibuang

Manfaat Kulit Buah -  Buah menurut wikipedia berarti organ tumbuhan berguna yang merupakan perkembangan lanjutan dari bakal buah atau ovarium. buah biasanya membungkus dan melindungi biji. Dari berbagai aneka rupa dan bentuk buah semuanya tidak terlepas dari kaitannya dengan fungsi utama buah yaitu sebagai pemancar biji tumbuhan. Namun selain itu buah sering kali mempunyai nilai ekonomis tinggi baik sebagai bahan pangan maupun sebagai bahan baku industri. Semua itu karena dalam buah tersimpan berbagai macam produk metabolisme tumbuhan, mulai dari karbohidrat, protein, lemak , vitamin dan mineral yang bermanfaat bagi manusia.

Ternyata manfaat dari buah tidak hanya dari daging buahnya saja yang biasa dikonsumsi manusia. Beberapa bagian dari buah yang sering kali dianggap tidak berguna seperti kulitnya ternyata juga banyak mengandung manfaat, contohnya adalah kulit dari buah. Kulit buah mengandung sejuta manfaat untuk kebaikan manusia. Dengan kata lain sebenarnya kulit buah akan sangat disayangkan jika harus dibuang begitu saja. Berikut ini beberapa buah yang dapat dimanfaatkan kulitnya :

1. Kulit Buah Jeruk

kulit jeruk

Kulit Buah kaya manfaat yang pertama adalah kulit buah jeruk. Sebagian besar dari kita ketika makan jeruk mungkin mengkonsumsi buahnya dan kulitnya langsung dibuang ketempat sampah. Padahal kulit jeruk mengandung senyawa yang bermanfaat bagi kesehatan manusia. Terutama adalah jeruk organik yang lantaran terbebas dari pestisida dan herbisida. Dalam satu jeruk berukuran sedang mengandung lebih 60 flavonoid dan 170 vitanutri yang berbeda. Menurut penulis the new whole food ensiklopedia, sebagian besar senyawa menguntungkan dalam kulit jeruk terdapat pada albedo atau serat putih yang terdapat pada bagian dalam kulit jeruk.

Dari berbagai macam studi hasil pengolahan kulit jeruk baik yang berupa makanan atau krim obat luar. mampu mencegah kanker kulit, menghambat kanker paru dan menurunkan kadar kolestrol. Bahkan seorang ilmuan dan profesor dari universitas yonsei, Korea bernama hyun woo kim memastikan bahwa kulit jeruk yang sudah diolah menjadi permen karet akan membantu orang berhenti merokok. Untuk para wanita kulit jeruk juga dapat dijadikan masker kulit karena mampu mengangkat minyak berlebih pada kulit dan tentu saja membuat kulit lebih halus. Nah jika sudah tahu manfaatnya mungkin anda akan berpikir ulang untuk membuang kulit buah jeruk ini saat anda memakan buah jeruk.

2. Kulit Buah Manggis

kulit buah manggis

Manfaat berikutnya adalah dari kulit buah manggis. Kulit manggis dapat dimanfaatkan sebagai pewarna alami dan bahan baku obat-obatan. Dalam kulit manggis mengandung senyawa santon yang berguna bagi kesehatan manusia. Baru-baru ini di Indonesia sudah dapat mengelola kulit manggis untuk dijadikan suplement kapsul diet yang berguna untuk melawan kanker dan antioksidan. Menurut Dr Berna Elya yang merupakan peneliti di departemen farmasi di universitas indonesia, ekstrak kulit manggis bersifat anti proliferasi yang bersifat untuk menghambat pertumbuhan sel kanker. Selain itu juga bersifat apoptosis sebagai penghancur sel kanker. Senyawa santon yang ada dikulit manggis juga mampu merawat beberapa jenis kanker, seperti kanker hati, pencernaan dan paru-paru. Bahkan santon dalam manggis juga ampu mengatasi tuberkulosis, asma,leukimia, mengatasi penyakit jantung koroner lebih efektif dan dapat meningkatkan daya tahan tubuh terutama untuk orang yang terkena HIV-AIDS.

3. Kulit Buah Pisang

kulit pisang

Jika anda suka pisang itu sangat bagus sekali karena pisang kaya sekali manfaatnya bagi tubuh kita. Selain mudah dicerna dan melancarkan selulit. Pisang menjadi buah yang sangat disukai para ollahragawan. Tentu saja karena pisang mengandung 9 kandungan gizi dan cepat mengembalikan energi. Tapi ternyata bukan hanya buahnya saja yang kaya manfaat bagi manusia. Untuk keseharian kita manfaat kulit pisang juga sangat besar.

Yang paling mudah diterapkan dari manfaat kulit pisang yakni sebagai penyembuh luka bakar atau luka gores. Caranya adalah cukup dengan menempelkan bagian dalam kulit pisang pada luka maka aliran darah atau pembekakan akan teratasi. Bahkan ada manfaat lain yang bisa diambil dari kulit pisang. Jika anda berada didaerah yang sulit mendapatkan air bersih. Kulit pisang menjadi solusi pembersih air tanah yang bisa kita gunakan. Kulit pisang yang bersih di iris kemudian dibungkus dengan kain kasa, lalu masukkan kedalam air yang akan kita bersihkan. Selain itu kulit pisang juga dapat dimanfaatkan sebagai pembersih daun tanaman hias. Lapisan yang ditinggalkan kulit pisang akan membuat daun tanaman anda lebih sehat dan lebih bersih.

4. Kulit Mangga

kulit mangga

Kulit buah yang bermanfaat selanjutnya adalah kulit buah mangga. Bisa jadi yang sangat suka dengan manfaat kulit buah mangga ini adalah para wanita karena kulit ini sangat bermanfaat bagi perawatan kecantikan dan kesehatan kulit. Kulit mangga mengandung alfa hidroksi asit yang mengandung manfaat sebagai pengelupas dan peremajaan kulit. Belum lagi antioksidan, vitamin dan mineral yang dikandungnya memang sangat bermanfaat bagi kulit kita, terutama bagi yang sering beraktivitas di luar ruangan. Dan bagi siapa saja yang memiliki masalah dengan kulit berjerawat maka kulit mangga bisa menjadi alternative penyembuhan. Menurut ahli kulit asal india yaitu Dr. Apratim goel, kulit mangga mengandung banyak betakaroten yaitu zat yang akan dikonversi tubuh menjadi Vitamin A dan bisa menjadi obat mengatasi jerawat. Dan yang paling penting adalah kulit mangga dapat dimanfaatkan para orang tua sebagai obat cacing untuk anaknya. Daya anthelmintik dari kulit mangga sangat ampuh membunuh kuman dan bakteri dari perut.

5. Kulit Buah Delima

kulit buah delima

Yang terakhir adalah kulit buah delima. Kulit buah delima mengandung tanin yang berfungsi mengerutkan pori-pori kulit. Selain itu karena kandungan taninnya kulit delima yang masak merupakan bahan astringen yang kuat dan sangat manjur mengatasi diare, disentri dan keputihan pada wanita. Sebagai bahan kosmetik juga dapat digunakan untuk mengatasi jerawat dan juga dapat digunakan sebagai shampo untuk rambut berketombe. Penelitian yang dilakukan Dr. navaro dari salah satu intitut di meksiko membuktikan Ekstra metanol yang terkandung dalam kulit buah delima merupakan senyawa ampuh melawan semua jenis bakteri dalam tubuh terutama pada anak-anak. Kulit delima dapat digunakan untuk mengendalikan penyebaran infeksi virus polio, virus herpes simplek serta mengobati peradangan dan infeksi pada rongga mulut.

Itulah berbagai manfaat kulit buah yang kita konsumsi sehari-hari. Sebelum membuang sesuatu ada baiknya kita mencari manfaatnya terlebih dahulu seperti kulit buah ini. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan anda tentang kesehatan. Terima kasih.

2 komentar

weleh ternyata banyak ya kegunaan kulit buah yg kita buang tiap harinya, sangat membantu dengan artikel ini om...sukses terus

Paket Wisata Lombok

makasih gan udah mau mampir ke blog ane (y)

Berkomentarlah dengan kata-kata yang sopan dan bijaksana..
EmoticonEmoticon