Saturday 25 April 2015

5 Manfaat Buah Naga Yang Harus Anda Ketahui

buah naga

Manfaat Buah Naga - Salah satu manfaat penting bagi kita untuk menjaga kesehatan tubuh adalah agar bisa terhindar dari berbagai macam penyakit. Cara terbaik dan mudah adalah dengan cara rajin berolahraga dan tentunya menerapkan pola hidup sehat. Hal penting lainnya adalah bagaimana kita mengubah mainset atau pola pikir. Karena perilaku atau gaya hidup kita sekarang sudah menjurus pada pola hisup tidak sehat. Berdasarkan data kementrian kesehatan pada desember tahun 2014 lalu menyebutkan bahwa angka kematian dibanding tahun 2008 yang disebabkan oleh penyakit Diabetes Mellitus  meningkat 2,1 persen. Seperti kita ketahui bahwa diabetes atau sakit gula saat ini adalah musuh utama bagi kesehatan kita. Penyakit komplikasi yang ditandai dengan kadar gula dalam darah yang tinggi yang biasanya berujung pada penyakit koroner, Stroke hingga Gagal Ginjal. Gambaran yang sedikit menakutkan tersebut sebenarnya bisa dikurangi, salah satunya adalah dengan rajin mengkonsumsi Buah Naga. 

Buah naga memiliki berbagai jenis, namun yang terekenal di kalangan orang indonesia mungkin hanya Buah Naga Merah dan Buah Naga Putih. Tapi sebenarnya Menurut jenisnya buah naga dikelompokkan menjadi 4 macam bagian, yaitu :

  1. Hylocereus undatus yaitu kulit buah berwarna merah dan daging buah berwarna putih.
  2. Hylocereus polyrhizus yaitu kulit buah berwarna pink atau merah mudah sedangkan daging buah berwarna merah.
  3. Hylocereus Megalanthus yaitu kulit buah berwarna kuning dan dagingnya berwarna putih.
  4. Hylocereus costaricensis yaitu kulit buah dan daging buah berwarna sangat merah. 
Istilah buah naga sendiri berasal dari sebutan tangloi dari bahasa vietnam. Sebutan ini dilatarbelakangi kepercayaan masyarakat vietnam yang kebetulan juga lekat dengan kebudayaan tiongkok. Selain berkah ternyata buah ini juga mempunyai khasiat luar biasa bagi kesehatan tubuh kita. Benarkah buah naga bisa mengurangi resiko terkena penyakit diabetes melsitus? dan apa sajakah khasiat atau manfaat lain dari buah naga? 

Berikut ini beberapa manfaat buah naga bagi kesehatan tubuh manusia :


Mencegah Penyakit Kanker

Kanker merupakan penyakit yang sangat ditakuti manusia karena kanker atau disebut Neoplasma ganas adalah penyakit yang ditandai dengan kelainan siklus sel khas yang menimbulkan kemampuan sel untuk tumbuh tidak terkendali sehingga dapat menyerang jaringan biologis didekatnya dan bermigrasi ke jaringan tubuh yang lain melalui sirkulasi darah atau sistem limfatik yang disebut metastasis. Kanker dapat menyebabkan gejala yang berbeda tergantung lokasi dan keganasan serta ada tidaknya metastasis.

Buah naga kaya akan antioksidan vit albumin yang membantu pembentukan radikal bebas karsinogenik dalam tubuh. Buah ini juga kaya dengan serat kalsium fosfor, vitamin C dan vitamin B2 karena dapat mengeluarkan racun logam dari tubuh yang beberapa diantaranya dapat menyebabkan kanker. Untuk mengkonsumsinya anda tidak perlu bingung, selain cara mendapatkannya mudah, buah naga ini juga dapat anda konsumsi setiap hari  agar khasiat atau manfaatnya langsung terasa. 

Mengurangi Resiko Diabetes Mellitus

Diabetes berasal dari bahasa yunani yang berarti pancuran atau curahan, sedangkan mellitus adalah gula atau madu. Dari bahasa kesehatan Diabetes Mellitus adalah curahan cairan dari tubuh yang banyak mengandung gula. Cairan yang dimaksud adalah air seni yang terasa manis karena banyak mengandung gula. Secara umum merupakan suatu keadaan dimana tubuh tidak bisa menghasilkan hormon insulin sesuai kebutuhan atau tubuh tidak bisa memanfaatkan secara optimal insulin yang dihasilkan. Sehingga terjadi lonjakan gula pada darah melebihi normal. Buah naga mengandung vitamin B3 yang dipercaya dapat mengurangi kadar gula darah. Artinya bahwa memang buah naga sangat baik dikonsumsi bagi penderita diabees turunan. 

Mengurangi Resiko Serangan Jantung

Selain kedua penyakit sebelumnya, satu lagi penyakit berbahaya lainnya yang diderita tubuh adalah serangan jantung. Diantara faktor pemicu penyakit serangan jantung adalah pertama, perokok aktif yang setiap hari menghabiskan  3 bungkus rokok sehari. kedua, anda penyuka makanan berkolestrol tinggi dalam hal ini berupa junk food dan daging-daging dengan aneka model pembuatannya. Dan yang terakhir adalah anda kurang berolahraga. Bila tiga hal tersebut menjadi pola hidup dan gaya hidup tetap anda, maka sekaranglah waktunya untuk berubah mengganti pola kehidupan anda. Buah naga sudah di anugerahi dengan cuma-cuma bagi kesehatan jantung kita. Buah naga yang banyak mengandung vitamin C, B1, serat,asam, folat dan karoten akan sangat berguna bagi kesehatan jantung anda. Sediakanlah waktu untuk mengkonsumsi buah naga dimanapun anda berada.

Menjaga Kesehatan Tulang

Bukan hanya bermanfaat bagi tubuh, ternyata Buah naga juga bermanfaat bagi kesehatan tulang kita. Tulang atau kerangka yang melekat pada tubuh kita adalah penopang tubuh agar dapat berdiri, berjalan,  ataupun mengangkat dan memindah-mindahkan beban. Tulang kita mengalami pertumbuhan yang sangat pesat sejak kita masih bayi dalam kandungan ibu tercinta. sudahkah kita menjaga kesehatan tulang kita? karena jangan salah, tulang kita juga dapat terkena penyakit tulang ganas yang diantaranya adalah rapuh tulang atau osteoporosis yang berpotensi menimbulkan cacat permanen. Memang biasanya penyakit ini meyerang ketika memasuki periode lanjut usia. melihat semua itu anda tidak perlu khawatir karena ada buah naga yang akan memberikan kesehatan pada kekuatan tulang anda. Selain sudah banyak berkembang  susu untuk berkhasiat menguatkan tulang, tidak ada salahnya  mencoba buah sebagai alternatife untuk kesehatan tulang kita. Dalam buah naga terdapat kandungan kalsium dan fosfor yang sangat tinggi. Hal ini tentunya sangat menguntungkan bagi anda yang diam-diam suka mengkonsumsi buah naga. Anda perlu mengkonsumsinya setiap hari dan melatih daya gerak tulang anda dengan cara berolahraga secara teratur. 

Menjaga Kesehatan Mata

Manfaat terakhir dari buah naga adalah untuk menjaga kesehatan mata. Hal-hal seperti membaca di ruangan berlampu redup dan sambil tidur kerap membuat mata kita menjadi tidak sehat. Meskipun kita mengetahui penyakit mata dapat disembuhkan dengan mengkonsumsi wortel, namun tidak ada salahnya anda mengkonsumsi buah naga sebagai alternatif. Dalam buah naga juga terdapat Vitamin A yang sangat bagus untuk kesehatan mata kita. Jadi jika anda bosan mengkonsumsi wortel maka beralihlah ke buah naga. 


Begitulah manfaat buah naga yang dapat saya review untuk anda. Saran saya adalah rajin-rajinlah memakan buah naga ini setiap hari karena buah yang satu ini mempunyai banyak sekali manfaat yang mungkin belum ada penelitiannya. Anda menjumpai buah naga merah dan buah naga putih di pasar atau toko buah terdekat.

Sebenarnya tidak hanya daging buahnya saja yang bermanfaat, menurut kabar yang beredar kulit dari buah naga juga mempunyai banyak khasiat atau manfaat untuk tubuh manusia. Mungkin manfaat kulit buah naga akan saya bahas pada artikel selanjutnya. Semoga artikel ini bermanfaat, terima kasih.

Berkomentarlah dengan kata-kata yang sopan dan bijaksana..
EmoticonEmoticon