Thursday 30 April 2015

Fakta Unik Tentang Shalat Tahajud

photo by umrohquantum.com

Shalat Tahajud -  Islam telah memberikan panduan ibadah yang lengkap bagi manusia, ada yang wajib dan ada juga yang sunnah. Bila semua ibadah sudah dilaksanakan maka derajat manusia dimata Allah SWT angkaat terangkat. Dan Allah akan memberikan jalar keluar bagi kesulitan dirinya baik di dunia maupun di akhirat.

Salah satu ibadah yang memiliki nilai penting di mata Allah adalah shalat tahajud. Tak banyak orang yang mampu melaksanakan shalat yang satu ini. Waktu melaksanakan shalat ini ditengah malam, membuat setiap orang enggan bangun dari tidurnya. Padahal kebiasaan shalat malam adalah kebiasaan orang shaleh sejak dahulu yang memiliki keutamaan yang tinggi di mata Allah. Allah SWT berfirman :
Dan pada sebahagian malam hari, bersembahyang tahajudlah kamu sebagai suatu ibadah tambahan bagimu, mudah-mudahan tuhanmu mengangkat kamu ke tempat yang terpuji (Q.S AL ISRAA : 79)

Berikut merupakan fakta-fakta unik tentang shalat tahajud :

1. Bermanfaat Bagi Kesehatan

Fakta unik pertama bangun tengah malam untuk melakukan shalat tahajud adalah sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh kita. Penelitian medis membuktikan bahwa kandungan oksigen pada atmosfer bumi pada pukul 3 pagi hingga matahari terbit merupakan oksigen yang mempunyai kandungan O2 yang sangat tinggi. Disaat kita menggerakan otot-otot maka oksigen tersebut masuk ke setiap sudut rogga tubuh kita. Dan secara otomatis akan melancarkan aliran darah dalam tubuh.
Oksigen seperti ini akan menghilang dari atmosfer bumi saat matahari terbit. Dan hanya orang yang bangun pada waktu itulah yang bisa menikmati oksigen sehat tersebut.

2. Tidak Mudah Terserang Penyakit

Fakta unik kedua adalah shalat malam dapat meningkatkan daya tahan tubuh sehingga tidak mudah terserang penyakit. Penelitian terhadap orang yang melaksanakan shalat tahajud berturut-turut selama 2 bulan menunjukan kadar hormon kortisol dalam tubuh menjadi lebih stabil. Hormon kortisol merupakan salah satu hormon stress. Kadar hormon ini semakin tinggi ketika kita dalam keadaan stress. Dengan keadaan hormon yang tinggi kita akan lebih mudah berbuat salah, sulit berkonsentrasi dan memiliki daya ingat yang kurang baik. Sedangkan bagi orang yang rutin melakukan shalat tahajud otomatis mereka mempunyai ketahanan tubuh yang kuat. Dan kemampuan individu yang tangguh sehingga mampu menghadapi permasalahan yang sulit dengan lebih stabil. Dengan tingkat stress yang rendah maka orang yang rutin shalat tahajud akan mendapatkan daya tahan tubuh yang kuat. Sehingga berbagai macam penyakit termasuk penyakit yang berbahaya seperti kanker bisa terhindar. Nabi muhammad SAW bersabda :
Hendaklah kalian bangun malam, sebab itu adalah kebiasaan orang  shaleh sebelum kalian, Wahana pendekatan kepada Allah SWT  penghapus dosa dan pengusir penyakit dalam tubuh.  HR Tirmidzi

3. Dikabulkan Do'anya

Fakta unik ketiga orang yang shalat tahajud akan dikabulkan doanya dan diberi pahala masuk surga. Allah SWT memberikan dalam satu hari penuh ada saat dimana doa pasti dikabulkan yakni pada sepertiga malam terakhir yang biasa dilakukan shalat tahajud. Rasullullah SAW bersabda :
Pada malam hari terdapat satu waktu apabila seseorang meminta kebaikan di dunia maupun akhirat niscaya allah akan memberikannya dan itu berlaku setiap malam.  HR Muslim
Mereka yang percaya janji allah tentunya akan secara giat menjalani shalat tahajud. Para orang shaleh masa lalu termasuk para nabi telah menjalankannya di malam hari untuk mendapatkan ridho dari Allah SWT. Nabi Muhammad SAW bersabda :
Pada tiap malam tuhan kami tabarakallahutaallah turun ketika sepertiga malam yang akhir. Ia berfirman barang siapa yang menyeruku akan aku perkenankan seruannya. Barang siapa yang meminta kepadaku akan aku perkenankan permintaannya dan barang siapa yang meminta ampunan kepadaku maka aku ampuni dia. HR Bukhori Muslim

4. Perintah Shalat Tahajud Lebih Dulu Dibandingkan Shalat Wajib 5 Waktu

Fakta unik lainnya yang keempat adalah perintah shalat tahajud lebih dulu turun dibandingkan shalat wajib 5 waktu. Ini menunjukan begitu pentingnya shalat tahajud. Nabi Muhammad SAW telah memerintahkan sahabatnya untuk menjalankan shalat malam. Nilai shalat ini tercatat lebih tinggi dibanding shalat sunah lain. Nabi Muhammad SAW bersabda :
Wahai manusia sebarkanlah salam berikanlah makanan dan shalat malamlah pada waktu orang-orang tidur maka kalian akan masuk surga dengan selamat. HR Imam Tirmidzi

5. Syarat Dari Shalat Tahajud

Fakta unik yang kelima adalah shalat tahajud hanya bisa dilaksanakan setelah orang selesai shalat isya'  kemudian tidur dan terbangun malam hari. sesuai namanya tahajud berarti shalat malam setelah bangun dari tidur. Jika belum tidur maka shalat yang dilaksanakan bukan disebut shalat tahajud melainkan hanya sekedar shalat kiamul lail atau shalat malam. Karena syaratnya yang unik ini tidak mudah bagi seorang untuk menjalankan shalat tahajud. Rasa kantuk setelah seharian beraktivitas membuat bangun dari tidur menjadi sulit. Karena itu seorang yang hendak melaksanakan ibadah shalat tahajud sebaiknya tidak begadang. Ia bisa segera tidur agar tengah malam bisa bangun untuk melaksanakan ibadah yang istimewa ini. Biasakan pula berniat untuk bangun shalat tahajud menjelang tidur malam. Niat yang tulus dan serius akan memudahkan kita terbangun tengah malam untuk mengerjakan shalat tahajud.

Bersujudlah, tunjukan kepala kepada allah agar kita diberi ampunan dari allah di dunia dan akhirat. Demikianlah fakta unik dan manfaat shalat tahajud yang dapat kami bagi untuk para pembaca. Semoga dapat bermanfaat untuk anda dan juga semoga para pembaca semakin giat untuk melakukan shalat tahajud ini, Karena memang begitu banyak keistimewaan ibadah sunnah yang satu ini.

sumber : mozaik islam trans tv

Berkomentarlah dengan kata-kata yang sopan dan bijaksana..
EmoticonEmoticon