Tuesday 14 April 2015

Cara Memperbaiki Bad Sector Hardisk dan penyebabnya



bad sector hardisk

Bad Sector Hardisk - Harddisk merupakan sebuah komponen elektronik untuk menyimpan file-file pada laptop maupun komputer. Hardisk disebut penyimpanan tetap atau permanen karena memang file-file yang disimpan akan disimpan secara permanen kecuali anda menghapusnya. Seperti komponen elektronik lainnya, hardisk juga dapat mengalami kerusakan. kerusakan yang paling umum dan sering terjadi adalah Bad Sector Hardisk. Sector merupakan permukaan-permukaan pada hardisk yang dibaca oleh mesin. Bad Sector pada hardisk adalah disaat sebuah mesin tidak dapat membaca sebuah sector.

Penyebab dari Bad Sector sangat banyak sekali, diantaranya adalah pertama, komputer atau laptop tidak dimatikan dan direstart sesuai prosedur. Jangan pernah mematikan laptop atau komputer dengan cara menekan tombol power karena itu akan membuat hardisk berhenti secara mendadak dan akan menimbulkan goresan di sector hardisk. matikanlah komputer dengan prosedur yang benar yaitu memilih button shutdown. Biasanya pada saat komputer not responding maka orang yang tidak sabar akan mematikan komputer itu dengan tombol power. Sekali lagi itu sangat tidak dianjurkan.

Penyebab bad sector kedua adalah hardisk yang sering terkena goncangan. Hal ini terjadi terutama pada laptop yang sering dibawa berpergian. Rutinitas sehari-hari memang mengharuskan anda membawa laptop anda kemana-mana, misal ke kampus, kantor atau tempat lainnya. Saat dalam perjalanan tentu saja laptop akan mendapat gocangan-goncangan. Nah itu juga dapat menyebabkan harddisk menjadi bad sector. Saran saya adalah supaya menaruh laptop di tas yang khusus laptop yang memiliki spons tebal dan empuk sehingga gocangan-goncangan tersebut akan dapat sedikit banyak teratasi.

Penyebab selanjutnya adalah pada saat mengirim / mengkopi / mengcut file dari partisi satu ke partisi lain kemudian komputer atau laptop tiba-tiba mati atau jika menggunakan hardisk external bisa juga harddisk externalnya kecabut. Itu juga akan mengakibatkan hardisk berhenti bekerja secara terpaksa tidak sesuai prosedure. Ini biasanya terjadi karena listrik mati atau baterai laptop komputer habis. Saran saya adalah gunakanlah UPS pada komputer anda dan untuk laptop sering-sering saja mengecek ukuran daya laptop anda.

Setelah mengetahui penyebabnya, lalu bagaimana cara memperbaiki bad sector pada hardisk ? menurut artikel yang saya baca ada 2 macam bad sector pada hardsik, yaitu hard bad sector dan soft bad sector. Hard bad sector terjadi jika hardisk sudah cacat secara fisik hardisk dan ini tidak bisa diperbaiki, kecuali dengan mengganti komponen-komponen dalam hardisk. Namun jika soft bad sector masih bisa di perbaiki yaitu dengan tools-tools windows atau software lainnya. soft bad sector adalah ketika terjadi headcrash pada hardisk.

Sebelum memperbaiki kita dapat mengecek dahulu apakah harddisk anda bad sector atau tidak dengan menggunakan tools bawaan windows bernama "CHKDSK" atau singkatan dari Check Disk. Untuk menggunakan tools ini dapat secara langsung lewat GUI atau lewat command prompt. Cara CHKDSK lewat GUI adalah masuk ke windows explorer kemudian pilih partisi yang ingin di cek, klik kanan partisi tersebut lalu pilih Properties. setelah itu pilih tab Tools dan pada Error checking pilih Check kemudian Scan Drive. Tunggu prosesnya akan memakan waktu yang lumayan lama.

bad sector hardisk
error checking harddisk
Jika ingin menggunakan command prompt caranya masuk ke command prompt (admin) lalu ketikan perintah "chkdsk" kemudian enter.

chkdsk
CHKDSK
Jika harddisk memang mengalami bad sector maka akan ada keterangan berapa KB hardisk mengalami bad sector. Kebetulan punya laptop saya tidak ada bad sectornya jadi gambar tersebut menunjukkan 0 KB in bad sector.

Oke sekarang waktunya menunjukkan cara memperbaiki hardisk yang bad sector. Cara ini saya dapatkan dari salah satu threads di kaskus. Caranya yaitu menggunakan software yang bernama SpinRite. Anda dapat mendownload website resmi softwarenya. Setelah download selanjutnya siapkan flashdisk sebagai media tempat menyimpan file.Cara lengkapnya bisa dilihat dibawah ini :

Cara menggunakan software Spinrite untuk memperbaiki bad sector hardisk :

1. Buka software SpinRite, jangan lupa colokan flashdisknya juga. Flashdisk sebaiknya dalam keadaan kosong karena mungkin flashdisk akan di format terlebih dahulu.


2. Pilih instal SpinRite on Drive kemudian tahan tombol keyboard sesuai letak label flashdisk yang sudah dicolokan.

3. Kemudian pilih Install bootable SpinRite dan jika sudah selesai maka klik Close.

4. Restart komputer kemudian atur bootable ke flashdisk. Untuk mengatur boot ke flashdisk anda harus masuk ke bios dengan menekan tombol Del atau F1 sebelum masuk windows. Setiap komputer atau laptop berbeda-beda.

5. Jika langkah nomor 4 sudah beres anda akan mendapatkan tampilan seperti dibawah ini. Tekan sembarang keyboard untuk melanjutkan.

6. Kemudian ada beberapa pilihan, pilihan pertama untuk memilih metode-metode yang nantinya akan digunakan untuk memperbaiki bad sector. biasanya yang dipilih adalah nomor 2 dan nomor 4.


7. Lalu pilih partisi yang ingin di perbaiki.


8. Kemudian setelah itu anda harus menunggu proses memperbaiki bad sector hardisk ini dengan sabar. Karena waktu yang dibutuhkan sangat lama sekali bisa 6 jam lebih tergantung besarnya bad sector pada hardsik. Bahkan jika bad sectornya sangat banyak akan memakan waktu satu hari lebih. Maka dari itu sebelum melakukan ini anda harus mempersiapkan hari khusus supaya tidak mengganggu kegiatan anda yang lain.

9. Tanda Merah berarti hardisk tersebut mengalami bad sector, kemudian tanda hijau artinya hardisk aman.

10. Setelah proses selesai maka anda bisa restart komputer dan mengembalikan settingan bootable ke harddisk anda lewat bios.
Solusi untuk memperbaiki bad sector tidak hanya seperti yang saya jelaskan diatas. Masih banyak lagi software-software yang dapat memperbaiki bad sector pada hardisk. Hanya saja memang menurut banyak orang meskipun caranya rumit tapi aplikasi SpinRite inilah yang paling ampuh dalam mengatasi masalah bad sector pada hardisk. Serumit apapun caranya tapi jika hasilnya memuaskan pasti tidak akan menjadi masalah bukan, hehe.

Oke sekian dulu tips dan trik dari nahlbee tentang bad sector hardisk, semoga dapat membantu anda dalam memperbaiki hardisk anda. Dari pada membeli yang baru lebih baik diperbaiki jika memang masih bisa diperbaiki. Jika ada kesalahan atau kurang jelas mohon dimaklumi, anda bisa bertanya di komentar jika ada yang janggal, Terima kasih.

Berkomentarlah dengan kata-kata yang sopan dan bijaksana..
EmoticonEmoticon