Sunday 26 April 2015

Berbagai Fenomena Alam Berwarna Biru Yang Menakjubkan

Di dunia ini banyak terjadi fenomena-fenomena aneh dan unik yang terjadi di luar nalar kita. Akan tetapi jika dikaji lebih dalam hal itu merupakan hukum-hukum alam yang selayaknya terjadi. Dan barang kali bila ada hal yang belum mengerti berarti ilmu pengetahuan manusia belum menemukan jawaban dibalik misteri tersebut. Salah satu fenomena yang menarik untuk kita ketahui adalah fenomena alam yang berwarna biru. Gejala atau fenomena langka ini terjadi di suatu objek di berbagai tempat di dunia. Keunikannya ini akan mengundang banyak orang dan sangat menarik untuk di pelajari. Oke langsung saja berikut beberapa fenomena alam yang berwarna biru :

1. Cahaya biru di laut California, Amerika Serikat

Lautan selalu menyimpan misteri didalamnya sedalam palung-palungnya yang menghujam ke perut bumi. Sejak dulu laut selalu mengundang keingintahuan manusia. Dari dalamnya manusia dapat memperoleh kekayaan alam yang melimpah, seperti ikan, rumput laut, garam dan minyak. Namun terkadang dari sana jugalah datang bencana maha dahsyat yang mematikan dan membawa malapetaka, dimana salah satunya adalah badai dan tsunami yang sering menimbulkan banyak korban jiwa.  Meski demikian lautan tetap menyimpan pesona tersendiri yang membuat manusia tidak dapat berpisah darinya.

Salah satunya adalah yang terjadi di laut california, Amerika Serikat. Di tempat ini terdapat satu fenomena unik yaitu ketika malam tiba terdapat cahaya warna biru terang. Kebetulan pada saat fenomena ini terjadi steve keneer yang merupakan seorang fotografer melihat cahaya warna biru yang menakjubkan itu dan mengabadikan fenomena tersebut. Setelah di selidiki ternyata kilauan cahaya berwarna biru tersebut disebabkan oleh ribuan alga yang sedang mekar. Ombak laut yang menyapu secara berkala membuat kumpulan alga mengeluarkan cahaya biru yang disebut bioluminescence. Atraksi Alga laut yang mempesona ini kerap terjadi  dan tentu saja menarik perhatian banyak orang untuk menyaksikannya. Meskipun demikian alga yang nampak indah dan berjumlah besar tersebut sebenarnya memiliki dampak merusak. Karena tumbuhan ini merusak kadar oksigen dalam air dan melukai ikan-ikan.

bioluminescence


2. Danau biru di jepang

Berikutnya fenomena biru terjadi di negara sakura jepang. Di negara ini terdapat sebuah danau yang sangat indah. Danau ini terletak di tepi kiri sungai ibigawa bagian tenggara kota biei hokkaido, Jepang. Yang membuat danau ini berbeda dengan danau yang biasa kita temui adalah airnya yang berwarna biru hingga dikenal danau biru oleh masyarakat jepang. Selain berwarna biru danau ini juga memiliki sumber mata air panas yang berada di kaki gunung takachi. Danau biru terbentuk dari letusan gunung takachi pada tahun 1988. Letusan yang sangat dahsyat pada saat itu telah mengakibatkan terbentuknya kawah. Sementara pemerintah jepang yang terdahulu telah membuat bendungan sebagai penangkal banjir. Namun bendungan itu jebol dan mengalir ke kawah letusan gunung takachi. Lama kelamaan kawah sisa letusan gunung takachi tersebut berubah menjadi danau. Air danau yang berwarna biru ini terbentuk berkat proses alami. Didalamnya terdapat kandungan alumunium hidroksida yang dapat memantulkan sinar matahari menjadi berwarna biru. Karena keunikannya dan keadaan sekelilingnya yang sangat indah, danau biru menjadi tempat primadona wisata baik bagi wisatawan dalam negeri maupun luar negeri.

danau biru yang indah


3. Blue Moon

Fenomena alam yang sangat langkah selanjutnya adalah bulan berwarna biru atau dikenal dengan Blue Moon. Blue moon adalah salah satu fenomena angkasa dimana bulan tampak berwarna biru. Warna biru saat fenomena blue moon sebenarnya bukan dari warna bulan yang sesungguhnya. Warna itu disebabkan oleh debu angkasa yang menyelimuti bulan. Debu tersebut akan menampilkan rona tertentu saat dilihat manusia dari bumi. Dan yang tampak oleh manusia adalah bulan terlihat berwarna biru. Para ahli mencatat setiap 2,7 tahun sekali bulan biru akan menghiasi langit. Pada saat fenomena itu terjadi bulan pada posisi sempurna atau disebut posisi purnama.

bulan biru atau blue moon adalah purnama kedua yang terjadi dalam 1 bulan yang sama. Terakhir blue moon terjadi pada hari jumat tanggal 21 agustus 2012 lalu. berdasarkan hitungan para ahli peristiwa semacam ini akan terjadi lagi pada bulan juli tahun 2015 mendatang.  Namun blue moon juga biasa terjadi jika ada letusan gunung berapi. Dan fenomena blue moon yang paling fenomenal yang terjadi adalah ketika gunung krakatau meletus pada tahun 1883. Pada saat itu bulan hampir nampak biru pada setiap malam baik ketika bulan purnama maupun bulan sabit.

bulan berwarna biru


4. Sungai Biru Rio Celeste

sungai rio celeste

Di costarica ada satu sungai yang bernama Rio Celeste. Nama Rio Celeste jika dalam bahasa indonesia berarti sungai biru langit itu merujuk pada air sungainya yang bewarna biru. Warna biru tersebut terbentuk karena reaksi kimia antara sulfur dan kalsium karbonat yang terkandung dalam sungai rio celeste. Kandungan dua bahan kimia tersebut ada karena sungai terhubung dengan aktifitas gunung berapi tenorio. Area di sekitar sungai ini nampak indah dan hijau dipenuhi oleh pepohonan hutan hujan yang membuat udara di sekitar sungai menjadi sangat sejuk dan alami. Dan yang paling spektakuler adalah salah satu bagian dari sungai ini memiliki air terjun yang sangat cantik dengan air birunya. Dengan keindahan dan keunikannya itu maka tak heran jika sungai ini menjadi salah satu objek wisata andalan di negara tersebut.

sungai biru rio celsete

itulah beberapa fenomena alam biru yang menakjubkan. Semoga dapat memberi informasi yang bermanfaat bagi anda untuk menambah wawasan anda. Terima kasih.

sumber : spotlite trans 7

Berkomentarlah dengan kata-kata yang sopan dan bijaksana..
EmoticonEmoticon