Sunday 1 March 2015

Menambah kapasitas RAM di android

Cara menambah kapasitas RAM di android - semakin hari aplikasi di android bertambah banyak, play store hampir setiap hari terdapat upload aplikasi baru dari jutaan membernya. melihat seperti ini tentu anda ingin sekali download dan menginstal aplikasi baru di gadget atau tablet anda. apalagi jika aplikasi tersebut memang anda butuhkan. memang seiring perkembangan pesat OS open source android ini dibarengi banyaknya development android yang bertebaran dimana-mana. Semuanya ingin membuat aplikasi android yang sebagus dan senyaman mungkin digunkan oleh pengguna. tapi kendalanya sekarang adalah saat anda menginstal aplikasi baru berarti kapasitas memori RAM anda juga akan bertambah.

RAM singkatan dari Random Akses Memory, secara sederhana fungsi dari RAM adalah media penyimpanan sementara sebelum data di proses di prosesor. sebenarnya istilah RAM identik dengan laptop atau PC namun anda juga harus tahu bahwa tablet atau handphone anda juga terdapat memori RAM yang fungsinya sama seperti di laptop atau PC.  jadi kapasitas RAM ini sangat mempengaruhi kinerja dari android. jika suatu hari tablet atau smartphone anda terasa sangat lambat, maka bisa jadi itu disebabkan karena sebagian besar kapasitas RAM sudah terpakai. itu artinya jika anda menginstal aplikasi baru lagi maka kapasitas memori anda akan habis.

ada banyak sekali untuk mengatasi masalah seperti ini. salah satunya adalah dengan cara menambah memory RAM pada android anda dengan menggunakan aplikasi. menambah dalam hal ini bukan berarti upgrade seperti di laptop atau PC. memori dalam android tidak bisa di upgrade, jika anda ingin upgrade berarti anda harus membeli smartphone atau tablet baru. oleh sebab itu saya memberikan saran untuk menambah kapasitas memori anda dengan menggunakan aplikasi RAM manager pro.

aplikasi ini gunanya adalah untuk menambah RAM dengan teknik SWAP file. artinya anda akan membuat sebuah file yang nantinya file tersebut akan menjadi sebuah virtual memory (memory bayangan). virtual memory adalah memory yang secara fisik tidak ada tetapi secara fungsi dan kegunaan ada. maka dari itu disebut memori ram bayangan. teknik ini sebenarnya sama seperti teknik swap ketika menginstal linux. namun dalam linux swap memiliki partisi tersendiri atau disebut swap partition. tapi jika di aplikasi RAM manager pro ini menggunakan teknik swap file. untuk lebih jelasnya perbedaan swap file dengan swap partition anda cari saja di google ya.

sebenarnya ada aplikasi-aplikasi lain selain RAM android manager, tapi saya disini kebetulan menemukan aplikasi ini. anda dapat mengunduh aplikasi ini di playstore dengan mengetikkan kata kunci RAM manager. kemudian cari ram manager pro yang mempunyai logo yang seperti di gambar ini.

fitur-fitur software android manager Pro :

  • Balance : opsi dimana anda dapat mendapatkan dan mengoptimalkan RAM anda sebaik mungkin setiap hari.
  • more free memory
  • more mutitasking
  • default : opsi ini dugunakan untuk mengembalikan default memory anda
  • custom : opsi dimana anda dapat mengatur RAM anda sendiri
  • set on boot : menyimpan semua pengaturan anda dalam boot
  • swap file : ini adalah opsi yang digunakan untuk membuat virtual memory, tapi anda kapasitas memory penyimpanan anda juga akan menurun.
sebenarnya masih banyak fitur-fitur yang diberikan. namun disini saya fokus pada fitur swap file. oke langsung saja langkah-langkah menambah kapasitas memori RAM dengan aplikasi android manager Pro :

  1. pastikan anda sudah menginstal aplikasi tersebut. karena ini aplikasi tidak gratis maka anda harus membayar terlebih dahulu untuk dapat menggunkan aplikasi ini. tapi jangan khawatir karena ada versi gratisannya. tapi tentunya fitur yang dimiliki tidak secanggih yang berbayar. keuntugan yang berbayar adalah : No Ads, all features, faster support, update tersedia lebih banyak, dan lain-lain.
  2. untuk menjalankan apliksi ini android anda harus sudah dalam keadaan di root. untuk root android anda tinggal instal saja aplikasi super SU.
  3. buka aplikasinya, jika ada window / pop-up yang meminta izin aplikasi SU untuk menjalankan aplikasi ini pilih saja Allow.
  4. aplikasi terbuka seperti gambar dibawah.  lalu pilih tab extra dan pilih swap file.

    tab extra

    first interface
  5. kemudian atur berapa kapasitas memory yang ingin anda tambahkan di android anda. disitu banyak sekali pilhannya anda tinggal menyesuaikan sesuai kebutuhan dan juga anda harus memikirkan kapasitas memori SD card anda. karena sekali lagi swap file yang anda bikin akan memakan kapasitas SD card anda.

jadi begitulah cara menambah memori ram dengan aplikasi Ram manager PRO. semoga anda dapat mempratekkan dengan benar. dan jika ada masalah silahkan komen saja, insyaallah saya akan jawab jika memang ada waktu. 

artikel yang mungkin anda sukai :

4 komentar

Oke gan langsung saya coba di android saya, semoga berhasil. makasih gan atas informasinya.

sama-sama gan, selamat mencoba

Itu kalo pake ram manager gituan ada efek sampingnya ga?

mungkin nanti efeknya ke umur kartu SDCardnya gan,

Berkomentarlah dengan kata-kata yang sopan dan bijaksana..
EmoticonEmoticon