Thursday 2 April 2015

KH Anwar Zahid, Kyai Terpopuler Di Jawa Timur

KH Anwar Zahid

KH Anwar Zahid - Siapa yang tidak tahu sosok kiyai yang satu ini ? hampir semua orang khususnya di Jawa Timur sekitar Bojonegoro, Lamongan, Tuban, Gresik, Surabaya dan sekitarnya pasti mengenal beliau. Dari anak-anak sampai orang tua, dari bapak-bapak sampai ibuk-ibuk pasti sudah tidak asing mendengar pengajian beliau. Lihat saja video-video beliau yang diunggah di youtube, baru satu bulan diunggah sudah ribuan sampai ratusan ribu orang yang melihatnya. Dibandingkan dengan kiyai-kiyai Indonesia lainnya rasanya video beliaulah yang paling banyak ditonton. Selain itu di smartphone-smartphone teman juga banyak yang menyimpan pengajiannya. Itu membuktikan bahwa Kiyai ini memang sudah sangat populer khususnya di Jawa Timur.

Lalu apa sih yang membuat Pak KH Anwar Zahid ini sangat di gemari banyak orang ? Apa perbedaan dengan Kiyai lainnya ? Oke mungkin jawabannya adalah metode atau cara beliau menyampaikan dakwahnya. Baik sedikit ulasannya saja, Pak KH Anwar Zahid Lahir di Bojonegoro tepatnya di dukuh Patoman desa Simorejo kecamatan Kanor Kabupaten Bojonegoro.  Pak KH Anwar Zahid jika berdakwah menggunakan dialog logat jawa bojonegoroan dan terkadang juga logat suroboyoan.

KH Anwar Zahid

Keunikan dari Pak Anwar Zahid adalah pada lelucon gaya bahasanya yang jelas dan pasti membuat semua yang menonton secara langsung ketawa tanpa henti. Jangankan yang nonton langsung, orang yang mendengarnya saja bisa ketawa terbahak-bahak. Lelucon yang paling terkenal dari beliau adalah kata "QULHUaelek". Apa sih maksud dari kata tersebut ? sebenarnya kata tersebut biasanya diucapkan oleh anak-anak pada saat shalat berjamaah. Ketika imam membaca surat pendek dan surat yang dibaca tadi merupakan surat-surat yang tergolong panjang (ayatnya biasanya lebih dari 30 ayat), maka anak-anak kecil yang menjadi makmum akan berkata dalam hati qulhuae lek kesuwen. maksudnya adalah baca surat Al Ikhlas saja kelamaan, surat Al Ikhlas awalnya adalah Qulhu bla bla bla.

Dari kata tersebut di jadikan di ibaratkan oleh KH Anwar Zahid ke negara Indonesia. Menurut beliau Imamnya adalah pemerintah dan makmumnya adalah rakyat Indonesia. Rakyat-rakyat kecil itu menjerit melihat kelakuan dan kebijakan-kebijakan pemerintah sekarang. Peraturan seakan di bulet-buletkan tanpa ada arah yang jelas. Rakyat kecil hanya minta kejelasan dari pemerintah dalam menegakkan peraturan di Indonesia. Jangan di persulit, qulhu ae lek kesuwen. Maksudnya mudahkanlah segala urusan yang berurusan dengan pemerintah. Seperti membuat Surat Tanah, Pajak, Dan lain sebagainya.

Selain itu masih banyak lagi candaan-candaan yang sangat lucu yang membuat anda terpingkal-pingkal. Seperti singkatan-singkatan katanya. contoh saja BBM yang semestinya Bahan Bakar Minyak diselewengkan menjadi "Bolak Balik Mundak". Itu merupakan bahasa jawa  yang artinya terus terus naik harganya. Itu disampaikan beliau ketika membahas harga BBM yang mulai naik terus terusan dan membuat rakyat sengsara.

Pada Saat peringatan PHBI (Peringatan Hari Besar Islam) pasti job dari Pak KH Anwar Zahid ini sangat padat. Selain itu pada Acara Khitanan atau Perkawinan biasanya sering sekali dipanggil. maka dari itu jika anda ingin mengundang Kiyai ini sebaiknya anda pesan / booking jauh-jauh hari sebelum hari 'H'nya. Dijamin jika anda mengundang Pak Kh Anwar Zahid acara pengajian anda pasti ramai sekali. Jangan heran jika banyak pemuda atau pemudi yang datang ke acaranya. Lawakan dicampur pengajian dari beliau memang sangat unik dan kreatif. Jika anda serius dalam mendegarkan ceramahnya pasti akan mendapatkan ilmu-ilmu dunia akhirat yang sangat bermanfaat.

Baiklah demikianlah ulasan tentang kiyai terpopouler menurut nahlbee di jawa timur, semoga dapat menambah wawasan anda dan untuk masalah berapa tarif yang digunakan untuk mengundang KH. Anwar Zahid nahlbee belum bisa menginformasikannya. Terima kasih.

Berkomentarlah dengan kata-kata yang sopan dan bijaksana..
EmoticonEmoticon