Thursday 9 April 2015

6 Tips Jitu Menghemat Konsumsi Data (kuota) Smartphone Android Terbaru 2016

cara menghemat kuota data internet

6 tips atau cara menghemat data kuota smartphone android- Smartphone memang sangat luar biasa, hampir semua pekerjaan bisa dibantu dengan menggunakan smartphone. Tapi terkadang hal-hal yang luar biasa itu sering bergantung pada download data dari internet. Untuk menggunakan internet diperlukan sebuah koneksi internet yang bisa didapatkan dari koneksi WIFI, paket Data, Saluran telephone, dan lain-lain. Fokus ulasan kita kali ini adalah smartphone yang menggunakan paket data sebagai jembatan untuk terhubung ke internet.

Paket Data memang menjadi kebutuhan wajib para pengguna smartphone khususnya android. Ada yang bilang "Smartphone tanpa paket data ibarat ikan di akuarium". maksudnya adalah ikan tersebut tidak bebas, hanya bisa berenang di akuarium itu saja. hal itupun terjadi pada smartphone tanpa paket data, smartphone tersebut hanya bisa memfungsikan sedikit sekali dari fungsi yang sebenarnya dapat dicapai dari sebuah smartphone yang dapat terkoneksi internet. Anda hanya bisa telepon, sms atau main game offline. Padahal anda jauh lebih bisa mengeksplore fungsi smartphone jika smartphone anda terkoneksi ke internet.

Masalah yang timbul dari penggunaan paket data adalah adanya Kuota data yang diberikan oleh provider. Kuota data artinya batas data yang bisa anda upload atau download melalui internet. Tapi tidak jarang juga para provider menyediakan paket data yang unlimited (tanpa kuota). Biasanya untuk yang unlimited ini dibatasi dengan kecepatan akses maksimumnya yang rendah. Untuk anda yang menggunakan paket data jenis kuota data harus hati-hati karena bisa jadi tanpa kontrol dan sepengetahuan anda data bisa habis sebelum waktunya. Untuk sedikit menurunkan konsumsi data pada smartphone, kami mempunyai 5 tips yang dapat anda lakukan untuk smartphone anda. Berikut 6 tips menurunkan Konsumsi Data / kuota smartphone :

1. Mengatur Limit Data

Dalam smartphone android terdapat sebuah pengaturan yang digunakan untuk memperingatkan anda jika sudah mendekati batasan kuota data. Untuk menggunkan fitur ini masuk ke setting - Wirelless & Networks - Data Usage. Dalam fitur ini anda dapat mengatur 2 data angka, satu untuk mengingatkan bahwa anda semakin dekat dengan penggunaan data maksimal. Lalu yang kedua digunakan untuk mengatur data yang ingin dikonsumsi setiap bulan. Jika sudah melampaui batas yang sudah diatur maka otomatis smartphone akan tidak bisa digunakan untuk akses internet. Dalam fitur ini anda juga dapat melihat seberapa besar aplikasi-aplikasi menggunakan kuota data internet anda. Sebenarnya inti dari tips ini adalah untuk mengingatkan anda saja bahwa anda sudah memakai berapa banyak data sehingga bisa memanage kuota data dengan baik.



 2. Singkirkan Iklan Yang Tidak Penting

Sering sekali jika membuka sebuah website kemudian tidak tahu kenapa muncul tab-tab baru yang tidak jelas asalnya. Ketahuilah bahwa itu adalah salah satu trik sebuah iklan website. Iklan-iklan ini nantinya akan menyedot kuota data internet anda. Maka dari itu ada baiknya jika menggunakan sebuah aplikasi yang dapat menolak munculnya iklan-iklan tersebut. Salah satu aplikasi yang dapat digunakan untuk block iklan adalah aplikasi Ad-Block. Aplikasi ini hanya dapat di instal di android yang kondisinya sudah di root. Jadi jika smartphone anda belom anda root maka tidak bisa menggunakan aplikasi ini.

3. Kompres Data

Menggunakan aplikasi untuk mengompres data memang sangat tepat sekali untuk menghemat kuota data pada smartphone android. Salah satu aplikasinya adalah Onavo Extend yang bisa anda unduh di playstrore. Cara kerja Onavo Extend adalah data yang di request dari internet akan di proses dulu (data akan dikecilkan) di server Onavo hasilnya nanti akan dikirimkan ke browser anda. Onavo akan mengkompres gambar dan juga hal-hal lain yang tidak penting. Kekurangan Aplikasi ini adalah masih belum bisa mengkompres audio dan video. Sebenarnya jika anda menggunakan browser opera mini akan secara default terkompress, karena memang browser tersebut khusus digunakan untuk mobile saja.

 4. Stop Aplikasi Yang Berjalan di Background

Banyak sekali aplikasi-aplikasi yang dengan senang hati menggunakan koneksi data ketika anda melakukan sesuatu yang lain. Contohnya adalah aplikasi-aplikasi jaringan sosial seperti facebook, twitter, instagram. Aplikasi-aplikasi ini dapat mendownload data tanpa sepengetahuan anda. Cara untuk menghentikan aplikasi ini adalah masuk ke menu setting cari aplikasi lalu apps dan pilih running services dan pilih aplikasi yang ingin anda stop.

5. Matikan Update Otomatis Google Playstore

Pada pengaturan defaultnya, playstore akan mengupdate aplikasi-aplikasi secara otomatis yang sudah terinstal di smarthone anda. Dalam satu sisi memang sangat membantu karena kita tidak perlu repot-repot mengupdate aplikasi kita. Tapi dari sisi lain konsumsi data yang digunakan untuk update tidaklah sedikit dan bisa jadi setiap hari ada saja aplikasi yang di update. Bagaimana jika saat update anda menggunakan jaringan wifi, pastinya akan lebih menghemat data anda bukan. Untuk imengatasi hal semacam ini anda harus mengubah pengaturan update playstore menjadi mode manual. Jadi silahkan update jika menggunakan koneksi wifi saja.

6. Manfaatkan Penggunaan Wifi

Cara yang terakhir ini pasti sudah sangat umum sekali, Anda memang harus pintar dalam memanfaatkan wifi. jadi jika anda berada pada area wifi segeralah mengganti koneksi internet anda ke wifi. Ini juga sangat mempengaruhi untuk menghemat kuota data anda. 

Wifi menghubungkan ke smartphone anda

Begitulah tips atau cara yang dapat kami berikan untuk dapat menghemat kuota data anda. Jika anda punya cara lain silahkan taruh di komentar, berbagi ilmu itu sangat baik dan pahalanya akan mengalir jika memang ilmu yang dibagikan bermanfaat untuk yang menerima. Jangan lupa langganan artikel dari nahlbee karena insyaallah banyak artikel yang bermanfaat. 

Berkomentarlah dengan kata-kata yang sopan dan bijaksana..
EmoticonEmoticon