Saturday 21 March 2015

Cara Mudah dan Ringan Mengunci / Memberi Password Aplikasi di Android Terbaru 2016

Cara mengunci atau memberi password pada aplikasi di android dengan AppLock - pada ulasan kali ini nahlbee akan membahas suatu trik yang sebenarnya sudah umum digunakan oleh banyak orang untuk menjaga privasi smartphone androidnya. Tips ini sebenarnya berdasarkan pengalaman admin untuk mencegah orang-orang yang Iseng atau Kepo. Sebelumnya admin cerita dulu ya hehe.

Pada suatu hari admin menitipkan smartphone pada suatu teman karena main futsal, admin sih percaya saja pada teman admin. setelah selesai asyik main futsal eh tiba-tiba chat dari BBM (blackberry messanger) banyak sekali masuk. Chat tersebut kebanyakan mengomentari status/ PM / private message BBM admin. Trus dilihat di status BBM ternyata ada status yang gak jelas yang menyesatkan. Dari situ admin berpikir pentingnya membuat sebuah password pada aplikasi di Android. Lalu saya cari di play store dan menemukan sebuah aplikasi yang sangat bermanfaat bagi admin.

Dan nama dari Aplikasi tersebut adalah AppLock, Apa itu Applock? AppLock merupakan sebuah aplikasi yang digunakan untuk memberikan password pada sebuah aplikasi di android. Jadi anda dapat memilih aplikasi mana yang akan anda kunci dan aplikasi mana yang tidak anda kunci. Trus aplikasi-aplikasi apa saja sih yang seharusnya di kunci / diberi password ? Jadi kalau menurut nahlbee aplikasi yang seharusnya di kunci adalah :

  • Social Media (BBM,Line,WhatsUp,Instagram,Path,Facebook, dan lain sebagainya)
    Siapa dizaman sekarang yang tidak kenal dengan BBM, Instagram. Hampir semua manusia di Dunia ini pasti sudah kenal dengan Social media yang seperti ini. Dan juga hampir setiap aktivitas di share / dibagikan ke social Media. Kelebihan dari social media ini adalah posting anda akan bisa dilihat oleh banyak orang di seluruh dunia. Nah coba pikir jika ada teman anda iseng memposting kata-kata yang tidak pantas di akun anda, apa yang terjadi? pasti anda merasa malu kan. Disini peran dari aplikasi pengunci di android ini berlaku. Jadi admin sarankan Semua aplikasi media Social harus di kunci dengan AppLock.
  • Browser (opera mini, UCbrowser, browser bawaan, etc)
    Selanjutnya aplikasi yang harusnya anda kunci adalah aplikasi browser anda. Menurut nahlbee jika browser anda tidak anda kunci maka orang yang suka meminjam smartphone anda akan mudah sekali memakai browser anda untuk hanya sekedar browsing. Ini tidak akan menjadi masalah jika anda terkoneksi ke Wifi atau paket data yang unlimited. Tapi bayangkan jika anda memilih paket yang Berkuota, maka kuto anda akan cepat habis jika banyak digunakan browsing, apalagi browsing sambil download, hehe.
  • Setting / pengaturan
    Sangat penting sekali mengunci / memberi password pada aplikasi Setting. menurut nahlbee jika seseorang sudah bisa masuk ke menu setting maka mereka bisa mengatur dan merubah apa saja yang ada di smartphone anda.
  • Gallery
    Sebenarnya ini opsional menutu admin, tapi jika memang anda mempunyai banyak sekali foto-foto atau video-video pribadi yang seharusnya orang lain tidak boleh tahu mending aplikasi Gallery ini juga dikunci. Ini juga menghindari tangan jahil teman anda, admin pernah mengalami foto admin di hapus oleh teman yang tidak bertanggung jawab. Dan disitu admin kadang merasa sangat sedih, padahal foto itu sangat berharga :(. Jadi Admin merekomendasikan aplikasi gallery ini sebagai salah satu aplikasi yang wajib anda kunci nanti.
Selanjutnya bagaimana cara mendapatkan aplikasi AppLock ? mudah sekali anda hanya tinggal buka playstore kemudian masukan kata kunci "AppLock". Aplikasi ini dibuat oleh DoMobile Lab, cari aplikasi yang dibuat oleh produsen tersebut, Lalu download dan install aplikasinya. Selanjutnya saya akan jelaskan langkah-langkahnya dalam sebuah point-point :

  1. Setelah terinstal buka aplikasinya untuk pertama kalinya.
  2. Maka selanjutnya anda akan diminta untuk membuat password untuk pertama kalinya. Password ini nanti akan digunakan untuk membuka aplikasi terkunci yang ada di smartphone.
  3. Setelah itu masukkan alamat email yang digunakan jika anda lupa password anda. Saran saya masukkan alamat email yang benar (jangan ngawur).
  4. Selanjutnya anda benar-benar masuk ke Aplikasinya, tampilannya kurang lebih seperti ini.
  5. Disitu terlihat daftar aplikasi yang ada di smartphone anda, pilih aplikasi yang ingin dikunci.
  6. Oh iya anda dapat mengganti password anda pada menu setting (geser aja kekanan), disitu ada dua pilihan metode password. pertama menggunakan password lock biasa dan kedua menggunakan pattern /pola. Tereserah anda memilih yang mana. Kalau admin sih cenderung yang pola aja,hehe.
  7. selain itu anda juga dapat mengganti thema dari aplikasi ini, caranya googling aja banyak kok haha.
AppLock
langkah 4 dan 5 (tampilan utama)

AppLock
langkah 6 (masuk menu setting)

Setting AppLock
Langkah 6 (pilih jenis password)

AppLock Tema
pilihan tema

Oke sekian dulu ulasan nahlbee kali ini tentang cara mengunci / memberi password aplikasi di android semoga bermanfaat bagi anda. jangan bosan-bosan berkunjung ke website kami. Insyaallah banyak ilmu yang bermanfaat bagi pembaca, terima kasih.

3 komentar

Makasih gan jangan sungkan-sungkan untuk datang lagi ke blog ane gan dijamin banyak informasi bermanfaaat yang dapat menambah wawasan agan

Berkomentarlah dengan kata-kata yang sopan dan bijaksana..
EmoticonEmoticon