Sunday 22 February 2015

Langkah-langkah Instalasi DB2 lingkungan windows

Langkah-langkah Instalasi DB2 pada lingkungan windows, baik windows 7 / 8 / 8.1. DB2 merupakan salah satu software database yang sangat baik dalam menangani database besar. DB2 diproduksi oleh IBM company. Anda bisa dapatkan softwarenya disini http://www-01.ibm.com/software/data/db2/linux-unix-windows/downloads.html. IBM tersedia dalam versi 32-bit dan 64-bit dan juga tersedia untuk yang menggunakan lingkungan Linux.

Lalu bagaimana cara Instalasi DB2 ? memang untuk sebagian orang yang masih awam dengan instalasi bisa dibilang instalasi DB2 ini sedikit sulit. menurut saya saja yang sudah beberapa tahun memakai komputer, software DB2 ini sulit sekali dalam penginstalannya. software ini membutuhkan waktu yang lama dan panjang untuk instalasinya. jadi untuk menginstal software ini anda harus ekstra bersabar dan kalau bisa harus ada teman (misal, kopi atau teh atau susu hangat :D) dalam proses instalasi DB2 ini biar tidak jenuh. 

oke langsung saja ini dia langkah-langkah instalasi DB2 lingkungan windows. disini saya menggunakan windows 7.

pertama anda harus download terlebih dahulu softwarenya, pilih sesuai bit windows (32-bit atau 64-bit yang anda pakai. Untuk mengetahui berapa bit windows yang anda pakai anda bisa cek disini cara mengetahui berapa bit windows yang terinstal. klik 2 kali software yang sudah didownload kemudian pilih OK.
instalasi DB2
disini saya melakukan instalasi dengan memilih versi 32 bit karena memang windows saya 32 bit.

instalasi DB2 32 bit
lalu Muncul kotak dialog winzip-self-extractor untuk mengekstrak file DB2 tersebut, pilih Unzip. 

Unzip to folder artinya pilih letak / tempat hasil dari ekstrak file.


setelah sukses maka muncul gambar seperti dibawah ini


lalu muncul window baru, pilih tab Install a product dan pilih kotak install New


lalu proses loading tunggu beberapa saat, mucul lisensi persetujuan, pilih i accept both the IBM and The non-IBM terms lalu pili Next.

setelah itu muncul 3 pilihan yaitu typical, compact,custom. untuk pemula pilih saja Typical lalu next.

select the instalation type DB2

lalu muncul membuat respon file dan memilih tempat penyimpanan atau folder yang digunakan untuk menyimpan respon file tersebut dan yang akan datang, jika sudah pilih Next.

select the instalation, response file creation, or both DB2

lalu pilih folder untuk hasil instalasi


1.       Menginstall ibm server ssh sekaligus menyeting bagaimana ssh itu dijalankan. apakah pas saat startup atau bisa jalanin manual. Saya pilih yang saat startup. Jadi ssh akan otomatis jalan setiap masuk windows

select the ibm ssh server instalallation folder and startup option

1.       Megatur nama dan password yang digunakan user. User ini yang nantinya akan mengendalikan aplikasi db2 ini. username dan password isi sesuai selera anda. bisa juga disamakan dengan user yang ada dikomputer anda


selanjutnya konfigurasi instance DB2, lewati saja langsung Next. setelah itu klik finish dan proses copying files akan berjalan, tunggu saja dengan sabar.



setelah selesai klik finish, tunggu dulu ini belum selesai.


kemudian muncul sebuah window dan pilih create database sample connection dan juga tempat untuk database.


tunggu proses yang berjalan, biasanya disini banyak proses yang error. jika memang eror berarti anda harus membuat database sample secara manual. bagaimana caranya ? nanti saya beri tahu, tunggu saja artikel selanjutnya. jika sukses maka akan terlihat seperti gambar dibawah.



lalu coba buka CMD DB2 dan ketikkan db2 connect to sample dan jika berhasil maka terlihat seperti gambar dibawah dan proses instalasi sukses, selamat.



DB2 ini sejatinya hanya sebagai sebuah mesin dari database. untuk menjalankan dan menggaksesnya kita butuh yang namanya interface atau IDE software yang nantinya tentu akan lebih memudahkan anda untuk melakukan kegiatan manajement database anda sehari-hari. IDE yang saya tahu adalah IBM data studio client. oke next saya akan buat tutorial cara instalasi data studio di lingkungan windows.

oke sekian saja ilmu yang bisa saya share hari ini, semoga bermanfaat dan jangan lupa berbagi ilmu itu keren, kunjungi blog ini untuk saling berbagi ilmu. jika memang ada kesalahan mohon dikoreksi dan saya minta maaf, namanya juga manusia, hehe.




Berkomentarlah dengan kata-kata yang sopan dan bijaksana..
EmoticonEmoticon