Tuesday 24 February 2015

Cara menyembunyikan file dalam file

Assalamualaikum Wr Wb.

Cara menyembunyikan file teks kedalam file teks dengan bantuan CMD - wah CMD lagi? sebelumnya saya sudah menulis artikel tentang cara membuat hotspot di laptop dengan CMD. kali ini saya akan sharing tentang cara membuat file txt dalam file txt. wah dari judulnya saja sudah sangat menarik. apa bisa menyembunyikan file seperti itu ? yups tentu saja bisalah kalau tidak gak mungkin saya menulis artikel ini. cara ini hanya khusus untuk OS windows saja. tapi saya belum coba di windows xp, saya hanya coba di windows 7,8,8.1.

sebenarnya menyembunyikan file ini kita hanya menumpuk dua file menjadi satu. artinya sebenarnya ada dua file teks tapi di tumpuk dan di jadikan satu file. masih kurang paham ? tenang saya akan ilustrasikan, contoh ada dua file teks sebut saja file1 dan file2. file1 ibaratkan buku1 dan file2 ibaratkan buku2. buku tersebut akan coba anda gabungkan karena suatu hal tertentu. caranya dengan menggunakan perekat atau isolasi. buku 1 posisinya sebalah atas buku 2. buku2 anda akan isolasi semua termasuk samping-sampingnya karena anda tidak ingin adik anda yang kecil tahu tentang isi buku itu. jadi jika adik anda buka buku tersebut pasti yang dibuka hanya buku1 saja karena anak kecil tidak mungkin bisa membuka isolasinya. yang bisa membuka adalah anda sendiri. disini ibaratkan adik anda adalah orang yang tidak tahu tentang tips ini, sedangkan anda adalah orang yang sudah mengetahui tips ini.

oke dari pada banyak mikir tambah pusing, langsung saja langkah-langkah menyembunyikan file teks dalam teks.

  1. pertama buka command prompt (CMD).
  2. lalu masuk ke drive atau direktory tempat anda ingin membuat filenya, dalam contoh ini saya membuat di drive D. caranya ketik perintah : D:
  3. kemudiann ketikkan perintah ini : notepad file-atas.txt:file-bawah.txt
    file-atas = nama file buat menyembunyikan file bawah (isi sesuai keinginan anda) file-bawah = nama file yang akan anda sembunyikan (isi sesuai keinginan anda)

    cmd
  4. selanjutnya akan terbuka sebuah notepad dan peringatan untuk menyimpan file tersebut, klik saja save.

    notepad

  5. lalu kita dapat mengisi file tersebut sesuai keinginan. biasanya saya menyimpan username atau password media sosial dan link-link penting yang tidak sembarangan orang boleh tahu di file ini.

  6. setelah sudah kita save (CTRL + S) dan close
  7. sekarang kita menuju di drive D, disitu akan ada file txt yang bernama file-atas. jika dibuka isi file tersebut kosong. trus dimana file yang satunya ? sebenarnya ada di file itu juga. cara membukanya adalah tulis saja kembali perintah seperti nomor 3.

    explorer
oke begitulah cara untuk menyembunyikan file txt ke dalam file txt, semoga tutorial ini bermanfaat dan menambah wawasan anda. jangan lupa untuk selalu mencari tahu apa yang belum anda ketahui. menuntut ilmu itu tidak ada batasannya. semakin banyak ilmu maka semakin sulit kita dibodohi. oh ya jika ingin lihat tips and trik kunjungi saja nahlbee.blogspot.com. terima kasih



thanks for iqbalfasri

Berkomentarlah dengan kata-kata yang sopan dan bijaksana..
EmoticonEmoticon