Friday 10 April 2015

Mitos Air Terjun Nglirip, Rekomendasi Wisata Untuk Para Jomblo


air terjun nglirip tuban


Air Terjun Nglirip Tuban - Air terjun Nglirip merupakan tempat wisata air terjun yang ada di daerah Tuban, Jawa Timur. Air terjun ini sangat terkenal sekali dengan mitos-mitosnya yang penuh misteri. Mitos pertama yang sangat terkenal adalah konon barang siapa yang mandi di air terjun ini maka dia akan dimudahkan untuk mendapat jodoh. Mitos ini terus berkembang dan mulai didengar oleh para warga di tuban dan sekitarnya. Mendengar mitos ini para kaula muda yang masih belum punya pasangan alias jomblo tentunya sangat bersemangat untuk menuju tempat wisata yang satu ini. Itu dibuktikan dengan semakin ramenya pengunjung yang sebagian besar adalah anak-anak muda.


Mitos selanjutnya adalah tentang keberadaan putri nglirip yang konon menjadi penunggu air terjun ini. Didalam air terjun ini konon ada gua yang disitulah tempat roh dari putri nglirip bergentayangan. Ada banyak versi yang menceritakan tentang mitos putri nglirip, salah satunya adalah dulu ada sesosok wanita yang menunggu kekasihya sekian lama di gua ini, dan kekasihnya itu pun tidak kunjung datang. Sampai saat ini masyarakat sekitar banyak yang masih percaya tentang sosok putri nglirip. Masyarakat bahkan ada yang percaya bahwa putri nglirip masih sering bermain-main di air terjun sambil ditemani putri-putri pengawalnya.

Dari mitos yang kedua muncul sebuah mitos baru yaitu janganlah anda berwisata ke lokasi ini dengan berpasangan. Karena putri nglirip tidak menyukai orang yang berpasangan. Mungkin dia merasa iri sama orang yang beruntung mempunyai pasangan yang setia. Kebanyakan pasangan yang sudah pernah berlibur ke air terjun nglirip akan putus dalam waktu sekitar 40 hari. Kepercayaan ini sudah sangat beredar luas di masyarakat sekitar. Maka dari itu dari semua mitos yang ada saya menyimpulkan bahwa tempat wisata air terjun nglirip ini sangat cocok sekali untuk para jomblo yang ingin sekedar refreshing dan menenangkan diri merenungi nasib, hehe.

air terjun nglirip
Selain terkenal dengan mitosnya, Banyak juga pengunjung yang datang karena melihat keindahan yang ditawarkan di tempat ini. Air terjun nglirip berada di wilayah Kecamatan Singgahan, Tuban lebih tepatnya di Desa MulyoAgung, Kurang lebih sekitar 30-40 KM dari kota Tuban. Air terjun ini memiliki ketinggian lebih dari 40 meter. Sumber mata airnya berasal dari hutan Kerawak yang berada kurang lebih 3KM dari air terjun ini. Jika dilihat dari agak jauh akan nampak Begitu Indah sekali karena terlihat warna airnya yang kehijau-hijauan dipadu pepohonan yang rumbun. Sangat cocok sekali untuk anda yang suka hunting foto pemandangan alam, dijamin hasilnya pasti memuaskan.

Dahulu pengunjung tidak dikenakan biaya karcis saat masuk ke air terjun ini. Memang air terjun nglirip ini masih belum di kelola dan dikomersilkan oleh warga. Warga hanya mendapatkan keuntungan dengan cara berjualan makanan dan minuman di sekitar tempat wisata. Kebetulan juga tempat wisata ini lokasinya berdekatan dengan makam KH Abdul Jabar yang pernah didatangi oleh Gusdur. Pengunjung yang berziarah juga banyak yang menyempatkan diri untuk mengunjungi wisata air terjun nglirip. Tapi menurut keterangan terbaru sekarang pengunjung akan dikenakan biaya Rp 3000 permotor oleh warga sekitar. Warga akan menjamin keamanan motor-motor pengunjung.

Untuk menuju Tempat wisata ini Anda dapat menggunakan kendaraan pribadi. Tapi jika anda tidak mempunyai kendaraan pribadi, bisa juga menggunakan kendaraan umum. terdapat dua rute yang dapat ditempuh dari terminal Tuban menuju tempat ini. Rute yang pertama adalah Rute Singgahan dimana anda harus naik bus jurusan jatigoro, bis ini akan transit di terminal Bojonegoro sebelum ke jatigoro. Anda dapat berhenti di perempatan anjlok kemudian anda dapat berjalan kaki atau naik angkutan umum jurusan montong menuju air terjun nglirip. Rute yang kedua adalah anda Naik angkutan umum jurusan montong yang kemudian dilanjutkan naik angkutan umum lagi jurusan jojogan, anda langsung bisa melihat air terjun nglirip jika memilih rute ini. Dan untuk dapat lebih dekat ke air terjun anda harus berjalan melewati jalan setapak. (wisatajawa.com).

Mungkin suatu saat nanti air terjun nglirip akan dapat dikelola oleh pemerintah sehingga dapat menjadi objek wisata air terjun yang lebih bagus dan lebih indah lagi. Dan akhirnya dapat menjadi kebanggaan warga Tuban. Sekian artikel ini jika ada salah-salah informasi mohon di informasikan di komentar di bawah, Terima kasih.

4 komentar

Kalau bukti sih mending dibuktikan sendiri aja pasti langsung tahu jawabannya, hehe

sebenarnya semua itu tergantung kekuatan kepercayaan kita saja. CMIIW

Berkomentarlah dengan kata-kata yang sopan dan bijaksana..
EmoticonEmoticon