Saturday 25 April 2015

Manfaat Kulit Buah Manggis Bagi Kesehatan Tubuh

manfaat kulit manggis

Manfaat Kulit Buah Manggis - Yang selama ini kita mengenal buah durian sebagai king of fruit maka buah manggis merupakan pasangannya yaitu queen of fruit. Julukan ini popular ketika manggis dianggap buah dalam dongeng dan digunakan sebagai herbal untuk berbagai masalah kesehatan. Bahkan ada sebuah rumor di tahun 1800 an, bahwa ratu victoria dari inggris menawarkan hadiah uang yang sangat banyak bagi siapa saja yang membawakannya buah manggis. Dan belakangan buah yang memiliki tekstur daging serat dan sedikit air ini kembali popular, terutama karena hasil-hasil penelitian yang menyebutkan bahwa kulit manggis memiliki manfaat yang tinggi untuk kesehatan karena kandungan utama didalamnya yang bernama santon. Berikut ini merupakan Manfaat Kulit Manggis Bagi Kesehatan Anda :

Mengobati Sariawan

Vitamin C merupakan vitamin yang bersifat larut dalam air dan berfungsi sebagai antioksidan. Selain itu vitamin C juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh dari berbagai penyakit seperti sariawan. Dan buah manggis yang kaya akan kandungan Vitamin C dapat memenuhi kebutuhan tubuh sebesar 12 persen setiap 100 gram daging buahnya. Selain dari buahnya ternyata di kulit buah manggis juga terdapat Vitamin C. Kali saya akan membahas Cara Memanfaatkan Kulit Buah Manggis sebagai obat kumur untuk mengobati sariawan. Caranya adalah siapkan 2 buah manggis dan ambil kulitnya. Cuci bersih dan potong-potong kemudian rebus kulit manggis dengan 3 gelas air sampai air berkurang 50 persen. Setelah air rebusan kulit buah manggis dingin, selanjutnya saring air tersebut kemudian segera gunakan untuk berkumur dan sariawan di mulut akan dapat disembuhkan.

Mengatasi Diare

Diare adalah kondisi dimana seseorang mengalami buang air besar berkali-kali. Diare dibagi menjadi 2 yaitu Diare Ringan dan Diare Berat. Akibat dari diare adalah orang tersebut akan dehidrasi karena terlalu banyak membuang air besar. Dan ternyata kulit buah manggis dapat dimanfaatkan untuk alternatif mengobati diare selain daun jambu biji dan obat diare yang bebas di jual di toko obat. Caranya cukup mudah dan dapat anda lakukan di dapur rumah anda sendiri. Cukup rebus kulit buah manggis sampai tersisa sedikit airnya, kemudian saring air rebusan tersebut lalu minum secara rutin 2 kali setiap hari. Lakukanlah secara terus menerus sampai diare anda membaik. 

Mencegah Kanker

Kanker merupakan salah satu penyakit yang dapat menyebabkan kematian. Dan agar tidak terkena kanker hingga mengalami kor yang buruk, orang-orang dapat menggunakan manfaat kulit manggis yang mengandung santon yang merupakan kandungan utama di dalam kulit manggis. Santon diyakini dapat menghambat pertumbuhan sel kanker dan bahkan dapat menghancurkan sel kanker tersebut. hal ini berdasarkan penelitian bahwa santon bersifat anti poliferasi dan atosis. Oleh karena itu kini banyak orang menggunakan air santon yang didapat dari rebusan kulit manggis sebagai minuman untuk pencegah kanker. Santon dari kulit manggis inipun sampai saat ini masih menjadi bahan penelitian agar dapat dikembangkan sebagai obat yang tepat untuk mengobati penyakit kanker. 

Mencegah Penyakit Jantung

Organ tubuh manusia yang paling vital adalah jantung. Jantung dan pembuluh darah bekerja setiap hari tanpa henti untuk mengalirkan oksigen dan membuang yang tidak penting melalui kulit atau yang lainnya.  Namun tidak seperti bagian tubuh yang lain, otot dalam jantung tidak mengalami regenerasi. Sehingga jika semakin banyak jaringan yang rusak karena timbunan lemak atau kandungan kolestrol yang berlebihan maka besar kemungkinan akan terkena serangan jantung. Dan ternyata manfaat kulit manggis pun dapat menjadi sebuah obat herbal  untuk mencegah serangan jantung. Hal ini dikarenakan didalamnya terkandung sejumlah mineral seperti tembaga dan magnesium. Namun tentunnya untuk mencegah agar penyakit jantung tidak menyerang anda maka tidak cukup hanya dengan mengkonsumsi obat-obatan atau minum ramuan herbal. Ada baiknya anda juga menjaga pola hidup sehat, antara lain dengan cara berolahraga teratur, menghidari makanan mengandung lemak tinggi serta tidak merokok. 


Demikianlah beberapa manfaat kulit buah manggis yang cara pengelolahannya dengan cara merebus kulit manggis tersebut hingga mendapatkan cairan yang berisikan zat santon dan zat-zat penting lainnya bagi tubuh. Namun yang harus diperhatikan saat kita mengambil sarinya saat kita merebus adalah bahwa ada kulit manggis yang mengandung resin, serat kasar dan tanin sehingga dapat menimbulkan efek samping gangguan pencernaan. Jadi disarankan mending membeli produk yang jadi yang sudah diuji kualitasnya. Saat ini sudah banyak sekali beredar kapsul-kapsul ekstrak kulit manggis yang dapat dengan mudah anda beli.

Selain itu anda harus terus mencari tahu lebih jauh tentang manfaat kulit buah manggis ini serta penggunaannya yang benar sehingga anda dapat mendapatkan manfaat kulit manggis secara optimal. Terima kasih telah berkunjung ke website kami dan semoga anda dapat mendapatkan informasi yang tepat yang anda cari.

Berkomentarlah dengan kata-kata yang sopan dan bijaksana..
EmoticonEmoticon