Monday 20 April 2015

Eksotisnya Tanjung Aan, Dua Pasir dalam Satu pantai

pantai tanjung aan lombok

Tanjung Aan Lombok - Lombok merupakan sebuah pulau yang dikenal  dengan pantai-pantainya yang berpasir putih dan jernihnya air laut yang membiru. Hampir semua wilayah di lombok mempunyai pantai yang cantik dengan keunikannya masing-masing. Salah satu pantai yang sangat unik adalah pantai Tanjung Aan. Tanjung Aan merupakan salah satu tanjung yang ada di lombok, tanjung ini berlokasi di lombok tengah tepatnya di selatan lombok tengah. Jika ditempuh dari kota mataram sekitar 90 menit perjalanan.

Tanjung Aan memiliki pantai dengan bibir pantai yang lumayan panjang yaitu sekitar 1 kilometer. Pemandangan yang disuguhkan di tempat ini sangat menakjubkan, pasir yang putih dan air yang jernih serta ombak yang tenang akan membuat suasana menjadi lebih menenangkan. Disekeliling pantai tanjung aan terdapat beberapa bukit yang menjulang tinggi. Untuk melihat keindahan pantai ini secara maksimal anda dapat menaiki bukit tersebut. Untuk menaikinya tentunya sangat mudah karena memang sudah ada sarana yang digunakan untuk menaiki bukit tersebut. Diatas bukit anda dapat melihat pemandangan pantai berpasir putih dan pemandangan laut lepas yang sungguh menakjubkan. Tapi dari pemandangan yang menakjubkan itu ada satu keunikan lain dari pantai ini.

Pantai Di Tanjung Aan jika dilihat sekilas memang seperti pantai pada umumnya tapi jika anda perhatikan dan melihat lebih dekat pasir pantai ini ada yang sedikit berbeda. Di pantai ini terdapat dua jenis pasir yaitu pasir yang berbentuk seperti merica dan juga pasir yang seperti tepung putih halus. Kedua pasir ini dipisahkan oleh sebuah bukit karang yang tinggi dan besar. Disebelah timur bukit anda akan menemukan pasir-pasir yang kasar berbentuk seperti merica. Sedangkan disebelah barat anda akan menemukan pasir yang lebih halus seperti tepung.

pasir merica tanjung aan lombok
pasir merica tanjung aan

Jadi jika anda ingin menikmati kedua pasir tersebut anda harus terlebih dahulu melewati sebuah batu karang yang besar. Berada di pantai ini memang seolah kita berada di dua pantai yang berbeda. Yang menjadi daya tarik wisatawan adalah pasir yang berbentuk seperti merica. Kabarnya pasir-pasir merica ini terbentuk dari fosil-fosil karang yang terkikis oleh hempasan angin di tepi pantai. Berjalan di pasir merica ini kaki-kaki anda akan serasa di pijat karena ukuran dari pasir merica yang terinjak oleh kaki akan menyentuh setiap saraf telapak kaki anda.

Pantai ini sudah sangat dikenal oleh wisatawan baik domestik atau mancanegara. Setiap musim liburan tiba pantai ini selalu di padati oleh pengunjung. Apalagi jika pada bulan februari atau maret pantai ini pasti akan sangat ramai karena terdapat sebuah acara ritual bernama ritual bau nyale. Ritual bau nyale merupakan ritual suku sasak di lombok tengah. Bau Nyale merupakan ritual atau tradisi menangkap cacing laut yang keluar di batu-batu pantai pada waktu tertentu saja. Nyale sendiri dalam bahasa sasak memang berarti cacing, sementara bau berarti menangkap. Jadi jika digabungkan secara kalimat bisa jadi berarti menagkap cacing.

Ritual bau nyale ini berhubungan dengan kepercayaan masyarakat tentang cacing-cacing yang keluar dari batu tersebut. Kabarnya cacing-cacing tersebut mempunyai hubungan erat dengan hasil pertanian dari masyarakat. Jika cacing yang didapatkan begitu banyak maka masyarakat percaya hasil panen pertaniannya akan melimpah. Cacing-cacing yang sudah ditangkap selanjutnya akan disebar di sawah. Para petani percaya cacing-cacing tersebut akan dapat menyuburkan tanaman. Iya emang secara ilmiahnya kan cacing akan menggemburkan tanah, hehe. Kepercayaan ini semakin berkembang dan acara ritual bau nyale ini sekarang dijadikan acara tahunan yang dapat menyedot para wisatawan untuk berkunjung di pantai lombok tengah khususnya pantai tanjung aan.

Oke sekian review saya tentang Tanjung Aan, jika anda ingin suasana pantai yang sepi, pasir putih, air laut jernih dan ombak yang tenang saya merekomendasikan ke pantai tanjung aan. bagi anda yang sedang berlibur ke lombok ada baiknya anda memasukkan pantai ini dalam daftar tujuan anda. Bagi para traveller sejati yang menginginkan sesuatu yang unik di pantai, Tanjung Aan ini tentunya menjadi solusi yang tepat untuk anda para traveller.

pesona pantai tanjung aan lombok

pemandangan pantai tanjung aan lombok

keindahan tanjung aan lombok

1 komentar so far

This comment has been removed by a blog administrator.

Berkomentarlah dengan kata-kata yang sopan dan bijaksana..
EmoticonEmoticon