Wednesday 22 April 2015

6 Tempat Wisata Terindah Berjuluk Surga Tersembunyi di Indonesia

Goa Gong Pacitan
6 tempat wisata terindah di indonesia - Seharusnya sudah tidak diragukan lagi jika berbicara tentang keindahan alam di Indonesia. Bahkan pulau bali adalah pulau surga yang sudah dikenal berpuluh-puluh tahun silam. Selain itu ada taman laut bunaken di menado dan juga green canyon di ciamis yang dikenal seperti replika keindahan green canyon di amerika. Sekarang mulai banyak tempat-tempat yang mulai dapat kita kunjungi dan menjadi incaran para pelancong asal mancanegara.

Indonesia terletak diantara 2 samudra dan 2 benua, rangkaian lebih dari 17 ribu pulau besar dan pulau kecil disepanjang lebih dari 5 ribu kilometer  membuat Indonesia mempunyai keberagaman alam serta budaya yang mengagumkan. Banyak tempat-tempat wisata alam yang indah di Indonesia yang belum banyak diketahui orang. Tempat-tempat ini biasanya berada jauh dari keramaian dan tentunya sangat sulit untuk dijangkau. Harus melalu perjuangan ekstra agar dapat menuju tempat-tempat ini. Berikut merupakan 6 tempat wisata terindah yang berjuluk surga tersembunyi yang ada di Indonesia :

Kepulauan Derawan, Kalimantan Timur

Surga tersembunyi pertama adalah kepulauan derawan yang berada di pulau Kalimantan tepatnya di Kaltim (Kalimantan Timur). Tempat ini disinyalir menjadi tempat kedua terkaya di dunia dalam hal keberagaman biota laut setelah Raja Ampat. Daya tarik lain Kepulauan Derawan adalah Danau Kakaban dan Danau Purba yang telah berusia jutaan tahun yang didalamnya terperangkap jutaan ekor ubur-ubur yang kehilangan daya sengatnya, sehingga anda akan aman berenang bersama ubur-ubur tanpa takut tersengat. Ditempat ini juga dapat dijumpai berbagai aktivitas penyu hijau, mulai dari penyu yang sedang berenang santai di air yang jernih sampai penyu yang bertelur. Tak hanya sampai disitu saja, didalam perairan ini anda dapat menikmati pemandangan bawah laut dengan bersnorkeling di pearl garden pulau derawan. Keberagaman karang dengan berbagai bentuk dan warna terlihat sangat rapat didalam lautan. Pemandangan ikan yang berwarna-warni yang berenang disekitar karang akan menjadi pelengkap keindahan laut ini. 

danau kakaban derawan
Danau Kakaban

danau purba derawan
Danau Purba


Raja Ampat, Papua

Baru-baru ini raja ampat mulai dikenal oleh para traveler sebagai tujuan wisata yang sangat menakjubkan. Pulau-pulau yang belum terjamah dan laut yang masih asri adalah yang membuat wisatawan langsung terpikat dengan tempat yang merupakan pecahan dari kabupaten sorong sejak tahun 2003 lalu. Perairan di raja ampat ini terdiri dari terumbu karang yang dinilai terlengkap di dunia. Mulai dari 537 jenis karang dunia, 75% bisa anda temui di perairan cantik raja ampat ini. Ditemukan pula 1104 jenis ikan , 669 jenis molusta atau hewan lunak dan sekitar 557 jenis hewan karang. Maka tak heran lokasi ini menjadi incaran penyelam untuk melihat keindahan bawha laut. Mereka yang menyelam seakan-akan tidak mau kembali karena mereka sudah mendapatkan pulau surga yang tak ada duanya di bumi ini. Raja Ampat ini memang cocok sekali buat yang hobi diving dan juga snorkeling. Keindahan bawah laut yang menakjubkan yang disuguhkan tidak akan pernah dijumpai di tempat lain.

keindahan raja ampat

keindahan bawah laut raja ampat

keindahan bawah laut terbaik raja ampat

Desa Sawarna, Banten

Desa Sawarna yang terletak di selatan kabupaten lebak di banten yang berbatasan langsung dengan kabupaten sukabumi ini merupakan surga tersembunyi berikutnya.  Disini dapat ditemukan jembatan gantung yang dibuat dari pohon sepanjang 60 meter. Dan dibawah jembatan unik ini terlihat mengalir sungai yang cukup deras dan jernih. Selain itu keindahan pantai sawarna juga tidak kalah menariknya dibandingkan pantai-pantai yang sudah terkenal lainnya. Selain pantai sawarna, didesa ini juga terdapat 2 pantai lainnya yang juga tak kalah indah, yaitu pantai karang taraje dan pantai tanjung layar. Kedua pantai ini mempunyai keunikannya masing-masing.  Keunikan dari pantai karang taraje atau yang berarti tangga ini menghiasi bagian barat pantai yang menyerupai bentuk tangga, sementara keunikan pantai tanjung layar adalah batu yang besar yang menjulang di pantai yang menyerupai kapal besar. Pantai-pantai indah di Desa Sawarna juga seringkali dikunjungi oleh para dari peselancar mancanegara.

jembatan kayu desa sawarna
Jembatan kayu 60 meter

pantai sawarna
Pantai Sawarna

pantai karang taraje
Pantai Karang Taraje

pantai tanjung layar
Pantai Tanjung Layar

Goa Gong, Pacitan

Surga tersembunyi selanjutnya berada di kabupaten pacitan, surga ini bernama gua gong. Gua gong merupakan satu dari banyak gua yang tersembunyi di perut gunung-gunung kecil yang ada di pacitan, jawa timur. Gua ini merupakan gua horizontal dengan panjang sekitar 256 meter. Dalam gua ini terdapat stalaktit yakni batu kapur berbentuk kerucut di langit-langit goa. Dan juga terdapat stalakmit yakni batuan kapur yang berdiri tegak didasar yang berusia ratusan tahun. Menurut beberapa peneliti dan wisatawan mancanegara dinamakan goa gong karena menurut cerita yang beredar goa ini didalamnya sering sekali terdengar suara –suara menyerupai suara alat musik gong. Goa yang ditemukan sekitar tahun 1930 ini menyuguhkan pemandangan-pemandangan yang luar biasa indahnya. Stalaktit dan stalakmit yang ada di goa ini bisa menghipnotis setiap mata yang memandangnya. Dan yang paling istimewa dan mengesankan dari goa gong ini adalah sebuah ruangan yang tersimpan batu Kristal dan murmer dengan kualitas yang hampir sempurna.

goa gong pacitan


Pantai Kuta, Lombok

Setiap mendengar kata kuta pasti yang terlintas adalah keindahan pantai kuta di pulau Bali. Namun belum banyak yang tahu bahwa ternyata Lombok Nusa Tenggara Barat juga mempunyai pantai yang indah bernama pantai kuta, tepatnya di pantai kuta. Meski terletak di daerah yang terpencil namun keindahan pantai ini sungguh menakjubkan, tidak kalah dengan pantai kuta yang ada di bali. Pasir pantainya sangat unik karena berbentuk seperti merica-merica kecil. Sementara air yang jernih yang dibalut suasana yang jauh dari kebisingan membuat pantai ini menjadi pilhan traveler yang menginginkan wisata yang tenang dan jauh dari rutinitas kota yang padat. Saat ini didekat pantai terdapat bandara internasional Lombok yang terbilang besar dengan tujuan penerbangan internasional menuju Lombok bisa langsung ke pulau Lombok tanpa harus ke bali terlebih dahulu. 

pantai kuta lombok


Pulau Banda, Maluku

Pulau banda terletak di sekitar 132 kilometer sebelah tenggara ambon, yang terdiri dari 3 pulau besar, yaitu Pulau Banda Pulau Banda Neiradan pulau gunung api. Sedangkan disini juga terdapat 7 pulau-pulau kecil diketinggian pinggiran laut terdalam Indonesia yakni laut banda yang bisa mencapai kedalaman 6500 meter .   laut sekitar banda tersebut adlah tempat yang paling terkenal dengan taman laut malukunya. Dengan karang yang cerah dan ikan yang berwarna-warni berada di air yang jernih seperti Kristal. Pulau banda merupakan salah satu daerah tujuan wisata yang terkenal di Indonesia khususnya untuk para penyelam. Selain adanya tembok karang, kehadiran kehidupan laut yang besar seperti ikan hiu, kura-kura, sekelompok napoleon wears, ikan dengan kelompok besar, Tuna, dan lobster yang besar menemani sekelompok ikan batu karang yang menambah keindahan kehidupan laut di sekitar ambon dan  pulau terdekat saparua yang berating tinggi.

pulau banda maluku

keindahan pulau banda maluku

Itulah 6 tempat wisata di Indonesia yang dijuluki surga tersembunyi, semoga review ini bisa menjadi referensi anda untuk berwisata di lokal Indonesia. Jika memang di tempat anda terdapat tempat-tempat wisata yang indah dan masih jarang dikunjungi oleh orang, ada baiknya anda berkomentar di bawah ini agar orang-orang yang lain juga tahu tempat-tempat wisata indah yang tersembunyi lainnya. Sekian dan terima kasih.

1 komentar so far

Wow banyaknya tempat wisata yang indah di Indonesi .. pengen banget yang ke Pantai Kuta, Lombok... kapan ya :D

Tiket Pesawat Murah

Berkomentarlah dengan kata-kata yang sopan dan bijaksana..
EmoticonEmoticon