Monday 2 March 2015

WIKINESIA (Aplikasi Android Dari Indonesia Untuk Indonesia)


Indonesia sebagai negara berkembang dengan budaya dan kekayaan alam melimpah memiliki potensi besar untuk menjadi salah satu tujuan wisata bagi wisatawan domestik maupun mancanegara. Meski demikian, hingga saat ini masih banyak masyarakat di dalam dan luar negeri yang belum mengetahui berbagai kekayaan budaya, kuliner dan keindahan alam Indonesia.


wikinesia mungkin merupakan sebuah solusi agar budaya dan kekayaan alam indonesia bisa mudah dikenal oleh seluruh masyarakat di dunia. wikinesia merupakan sebuah aplikasi yang di buat oleh kumpulan orang indonesia, tepatnya dari mahasiswa univeritas brawijaya malang fakultas PTIIK. Mereka adalah Andriyanto, Nadia Previani R, Arik Akhmad ketiganya adalah mahasiswa aktif PTIIK Universitas Brawijaya. Dan salah satunya adalah mantan asdos praktikum saya yaitu Mas Andri, hehe. bangga banget punya asdos yang bisa membuat game seperti ini.

Latar belakang pembuatan aplikasi ini adalah semata-mata untuk memperkenalkan kekayaan budaya dan alam indonesia, seperti yang dijelaskan oleh andriyanto, WikiNesia merupakan aplikasi mobile untuk berbagai device Android yang mengenalkan dan mengangkat  kebudayaan Indonesia. Aplikasi tersebut menampilkan berbagai informasi tentang Indonesia mulai dari sejarah, kuliner, kesenian, warisan tradisi dan wisata. Informasi dalam aplikasi dapat diakses dalam dua pilihan bahasa; Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris. Dengan demikian aplikasi dapat dimanfaatkan juga oleh masyarakat manca negara yang tidak memahami bahasa Indonesia.

Aplikasi ini semakin menunjukkan ciri khas Indonesia karena disajikan dalam tampilan dengan dominasi warna merah dan putih, sama seperti warna bendera Indonesia. Beberapa fitur menarik lainnya juga ditambahkan dalam aplikasi ini. Fitur "share" misalnya, akan memudahkan pengguna untuk berbagi informasi yang ditemukannya di WikiNesia kepada teman atau kerabatnya melalui media jejaring sosial. Selain itu, ada juga fitur "lihat peta" yang dapat memudahkan pengguna untuk mencari lokasi di Indonesia yang diinginkan. Dengan begitu pengguna tidak perlu lagi repot membawa peta dalam bentuk lembaran besar atau buku saat berwisata.

Saat ini aplikasi tersebut sudah dapat diunduh secara gratis di google play store. Mas Andri beserta timnya berharap dengan aplikasi ini nama Indonesia semakin dikenal oleh masyarakat dari berbagai negara di dunia. nih sedikit saya kasih screenshoot dari aplikasi ini,

wikinesia
 wikinesiawikinesia

jika anda mengaku orang indonesia sebaiknya tidak ada salahnya anda mencoba aplikasi buatan indonesia ini. dan kalau bisa share aplikasi tersebut agar semua orang indonesia mengetahui ini. anda dapat mengunduhnya di https://play.google.com/store/apps/details?id=com.raion.wikinesia. saya disini hanya meneruskan artikel dari berita online UB tepatnya di artikel ini. terima kasih.

1 komentar so far

Wah ternyata ada juga ya yg buat aplikasi kayak gini, salut deh

Berkomentarlah dengan kata-kata yang sopan dan bijaksana..
EmoticonEmoticon